Contoh Perkembangan
Islam di Dunia
1.Perkembangan Islam
di Pakistan
Islam masuk di Pakistan pada masa
pemerintahan Khalifah Walid bin Abdul Mali yang berkasa dari tahun 705-715 dari
dinasti Bani Umayyah yang berpusat di Damaskus, Siria. Ketika itu, daerah Sind
di Pakistan diperintah oleh keluarga Brahmana (kasta dari agama Hindu).
Pemerintahan Sind akhirnya dapat ditahlukkan oleh pemerintah Islam di Damaskus
ketika Khalifah Walid bin Abdul Malik mengirim pasukan Islam di bawah pimpinan
Muhammad bin Qasim. Semenjak itu, Sind menjadi provinsi yang diperintah oleh
pemerintah Islam dari berbagai dinasti silih berganti sehingga banyak orang
asli daerah Sind yang memeluk Islam.
Di Pakistan banyak berdiri organisasi
keagamaan, seperti golongan Maududi dengan tokohnya bernama Abbul A’la
al-Maududi. Abul A’la al-Maududi dikenal sebagai penulis yang baik dan menjadi
redakturmajalah milik Kongres Muslimin. Banyak kaum intelektual Islam, terutama
yang belum mengenal Barat, sangat terpengaruh tulisan al-Maududi.Organisasi
yang ada sebelumnya adalah Liga Muslimin yang berdiri tahun 1906, dan banyak
berperan dalam usaha kemerdekaan Pakistan dari India tahun 1947. Di London
(Inggris) berdiri Organisasi Pusat Studi Pakistan yang didirikan pada tahun
1981 dan bertujuan untuk mengenal Pakistan ke dunia luar.
2.Perkembangan Islam
di India
Islam di nebara India berkembanga sejak
tahun 1206 melalui keturunan Sultan Akbar. Masuknhya Islam ke India dibuktikan
dengan adanya kerajaan Islam yang mulai berdiri sejak Dinasti Umayyah berkuasa
tahun 41 H (659) sanpai daulat itu jatuh ketangan Dinasti Bani Abbasiyah. Sejak
itu kerajaan-kerajaan Islam di India tetap bermunculan.
a.Kerajaan Sabaktakin
Setelah terjatuhnya Kerajaan
Sabaktakin, ajaran Islam di India berkembang sangat pesat dengan berdirinya
Kerajaan Ghazi yang dipimpin oleh Alaid Din Husein bin Husein bin Husein,
seorang keturunan campuran dari bangsa Afganistan dan Iran. Di antara keturunan
yang berasil memajukan India adalah Muhammad Abul Muzaffar ibn Husein al-Ghazi,
yang lebih terkenal disebut Muhammad al-Ghazi. Dia berhasil menaklukkan wilayah
India yang dahulunya masuk ke Kerajaan Sabaktakin. Oleh karena itulah banyak
raja Hindu yang takluk dan bersedia membayar upeti kepadanya. Meskipun Islam
dapat berkuasa di Kerajaan Ghazi, tapi Muhammad al-Ghazi memberikan kemerdekaan
kepada orang-orang Hindu untuk tetap memeluk agamanya. Setelah Muhammad
al-Ghazi memerintah kemudian di gantikan oleh raja yang bernama Tibek yang
berasal dari golongan budak.
b.Kerajaan Mameluk
Penyebutan Mameluk karena raja yang
pertama berasal dari budak belian (mameluk), sebagaimana Tibek yang merupakan
raja pertama. Dia dalam kepemimpinannya berusaha meneruskan rencana dari
Muhammad al-Ghazi untuk menyebarkan Islam di India. Untuk itu didirikannya tempat-tempat
ibadah, di antaranya Masjid Raya di Delhi yang bernama “Jami”. Kemudian
didirikan pula sebuah menara yang sangat tinggi, yang bernama ‘Kuttub Mini”
yang sampai sekarang menjadi objek pariwisata di India. Setelah Tibekk lama
memerintah, selanjutnya kerajaan dipegang oleh at-Tamasy, kemudian Nulban,
kedua raja ini sangat berjasa dalam penyebaran Isalam di India sebagaimana Raja
Tibek.
c.Kerajaan Keturunan
Kilji
Kerajaan keturunan Kilji berdiri
setelah menundukkan dan mematahkan pertahhanan kerajaan Mameluk. Adapun sebagai
sultan yang pertama adalah Alaid Din, seorang yang gagah perkasa. Dalam
pemerintahannya ia berhasil menaklukkan daerah-daerah India yang berada dii
bawah kekuasaan raja-raja Hindu. Alaid Din berhasil juga menghancurkan tentara
Mongol yang kembali mengadakan penyerangan ke India. Namun sangat disayangkan,
bahwa keluarga Kilji tidak lama memerintah, sebab muncul kerajaan baru di bawah
kekuasaan kerajaan yan berasal dari keturunan keluarga Taghlak dari Turki.
Sampai sekarang perkembangan Islam di India sangat pesat sampai di kota-kota di
pesisir pantai karena pemimpin-pemimpin Islam di India sebagian alumni
Universitas Aligarh.
3.Perkembangan Islam
di Thailand
Masuknya Islam ke Thailand berlangsung
pada abad ke-10 melalui perdagangan-perdagangan dari Jazirah Arab. Mereka
menyeberkan Islam di kalangan rakyat atau penduduk desa dan diterima dengan
baik oleh rakyat Patani, kawasan selatan Thailand. Rakyat petani memeluk Islam
secara sembunyi-sembunyi. Untuk tempat ibadah, mereka tidak membangun mesjid,
tetapi hanya membangun bangunan semacam biara karena takut kepada raja yang
memang bukan muslim. Hampir selama 300 tahun rakyat Patani memeluk agama islam
secara sembunyi-sembunyi.
Pada tahun 1457, Raja Patani, Phya Tu
Nakpa, dan seluruh pembesar istana memeluk Islam berkat perjuangan ulama dari
Pasai, Indonesia, yang bernama Syaikh Said. Setelah masuk Islam, ia mengganti
namanya menjadi Sultan Ismail Syah, dan Tak Pasai (sebutan Syaikh Said) menjadi
penasihat dan pengajar Islam dalam istana. Sejak itu agama Isalam dijadikan
agama resmi kerajaan Patani dan dibangunlah masjid Pintu Gerbang. Baginda juga
membuka pondok pesantren sebagai tempat pendidikan agama Islam, sehingga Patani
melahirkan ulama terkemuka. Di samping mengajar, para alim ulama juga menulis
kitab-kitab kuning berbahasa Arab dan Arab Melayu (Jawi).
Selain menjadi pusat pendidikan dan
dakawah, Patani juga merupakan pusat perdagangan terbesar di Asia pada
zamannya. Kerajaan Patani yang telah berlangsung tiga abad, mengundang perhatian
penguasa Thaland untu menikmati kekayaan sumber daya alamnya.Sudah berkali-kali
terjadi serangan dan penguasa Thailand sejak tahun 1985. Umat Islam di Patani
pun tidak tinggal diam. Hingga kini masjid Pintu Gerbang yang berdiri megah
menjadi simbol keberadaan umat islam di Patani.
4.Perkembangan Islam
di Amerika
Pada seperempat abad ke-19 banyak orang
Islam dari berbagai Negara datang ke Amerika. Tujuan mereka sama dengan imigran
lain, yaitu lari dari eadaan yang tidak mereka inginkan di negerinya dan dalam
rangka untuk memperoleh kehidupan yang lebihn baik di dunia yang baru. Diantara
mereka itu banya yang berhasil memelihara identitasnya sebagai muslim, dan
membentuk masyarakat yang terbesar di beberapa kota di Amerika Serikat dan
Kanada. Tahap selanjutnya agama Islam masuk ke Amerika dibawa oleh para
pedagang sutera yang datang dari berbagai negeri yang tidak jelas asalnya. Di
anratanya ada yang bernama Wallce Fard Muhammad (Wali Fard). Beliau menyebarkan
Islam mulai dari tahun 1930 dikalangan masyarakat negro Amerika yang pada waktu
itu masih kuat kepercayaannya.
Orang-orang muslim kulit hitam di
Ameriaa Serikat yang tergantung dalam Himpunan Dakwah Muslim Amerika menyatakan
bahwa pada masa lalu muncul seorang tokoh di kalangan mereka bernama Fard Muhammad.
Fard Muhammad mencari orang yang mempunyai kekuatan, keberanian, dan ketetapan
hati untuk menggantian kedudukannya. Fard Muhammad ternyata dapat menemukan
orang yang dikehendaki, yaitu Elijah Pook. Tak lama kemudian Elijah Pook
mengganti namanya dengan Elijah Muhammad, dan menerima fard Muhammad sebagai
gurunya. Pada tahun 1934 Fard Muhammad digantikkan oleh Elijah Muhammad. Elijah
Muhammmad taat dan setia kepada gurunya itu selama 40 tahun. Akhirnya Fard
Muhammad meninggalkan Amerika setelah rencananya untuk memusuhi Amerika
diketahui pihak berwajib. Elijah Muhammad adalah orang yang sangat cerdas, kuat
pendiriannya, dan juga mengenal psikologi massa. Beliau bersama
pengikut-pengikutnya merasa yakin bahwa dengan agama Islam manusia dapat
menemukan kebahagiaan sesungguhnya. Manusia dapat menemukan identitas
keutuhannya. Dengan dakwah yang dilakukan mereka itu bembawa hasil yang
menggembirakan, sehingga banyak tokoh-tokoh yang masuk Islam.
Pada tanggal 25 Februari 1975 Elijah
Muhammad meninggal dunia. Ia telah menginggalkan jasa yang besar di kalangan
orang-orang muslim negro. Banyak sekolah dan mesjid yang telah dibangun,
dibidang organisasi ia telah meninggalkan suatu jamaah yang besar dan teratur,
serta dibidang lainnya. Sebagai pengganti Elijah Muhammad ialah Waris Deen
Muhammad dan ia ditetapkan sebagai imam. Untuk selanjutnya ia disebut dengan
Imam Waris Deen Muhammad. Ia mengadakan pembaharuan dibidang agama unuk
meluruskan ajaran-ajaran yang kurang tepat yang dibuat oleh para pendahulunya,
dengan menegakkannya berdasarkan Al-Quran dan Hadis.
Yang paling utama mendapatkan
perhatiannya ialah pembenahan di bidang akidah. Ia menegaskan bahwa Fard
Muhammad bukan Tuhan dan Elijah Muhammad bukan utusan Tuhan. Ia menyatakan
bahwa Elijah Muhammad tidak benar yang mengaku sebagai utusan Tuhan. Waris Deen
Muhammad juga menyatakan tidak benar Tuhan menurut Elijah Muhammad adalah Fard
Muhammad. Untuk itu ia berusaha untuk menetapkan dua kalimat syahadat kepada
para pengikutnya. Adapun usaha-usaha yang dilakukan oleh Waris Deen Muhammad
adalah sebagai berikut:
a.Pada tahun 1932 mendirikan sekolah
rendah, sekolah wanita, dan universitas Islam di Detroit.
b.Membentuk organisasi Islam yang
menamakan Nation of Islam.
c.Mendidik kader-kader Islam yaang
terguh.
d.Meningkatkan usaha dakwah Islam yang
tidak saja ditujukan kepada orang kulit hitam, tetapi juga kepada seluruh umat
manusia apa pun warna kulitnya.
e.Meluruskan penyimpangan akidah
berdasarkan al-Quran dan Hadis.
5.Perkembangan Islam di Spanyol
Di negeri Spanyol umat Islam perna
mengalami masa jayanya, yaitu ketika berada di bawah kekuasaan Daulat Bani
Umayyah mulai 713-1492 M. Banyak penninggalan dari peralatan Islam yang kini
maasih dapat disaksikan sebagai saksi sejarah. Karena begitu lama hidup dan
membentuk kultur Islam, maka sampai sekarang masih membeas pada masyarakat
Spanyol meskipun usaha penguburan terhadap seluruh nilai-nilai yang mengandung
keislamnan terus berlangsung setelah Spanyol jatuh pada naungan Kristiani.
Usaha pengekangan terhadap Islam berlangsung sampai abad ke-20 M. Baru pada
tahun 1987, undang-undang Spanyol mengangkat semua agama pada tingkat yang
sederajat dan mendapat perlakuan yang sama serta kebebasan beragama di jamin
oleh hukum. Sekarang baru mulai tampak bahwa kegiatan keislaman mulai hidup,
sebagaimana di Cordova yang pernah menjadi kota kebanggaan umat Islam tempo
dulu. Di Cordova ada peninggalan masjid yang megah dan pada akhir-akhir ini
masjid raya itu sudah pernah digunakan untuk shalat Idul Fitri dan Idul Adha.
6.Perkembangan Islam di Belanda
Agama islam di negeri belanda telah
berkembang berkat perjuangan dari Abdul Wahid van Bommel (warga negara belanda
asli). Di sana berdiri organisasi islamFederatie Organisaties Muslim
Nederlandyang diketuai oleh Abdul Wahid. Organisasi tersebut kemudian diubah
menjadiIslamitische Informatie Cendrum. Melalui organisasi tersebut beliau
berjuang menuntut hak guna dapat menunaikan shalat wajib 5 waktu dan termasuk
shalat jumat.
Berdasarkan data statistikCentral Burea
de Statitick 1994,jumlah umat islam belanda mencapai 3,7% (posisi ketiga)
daritotal penduduk 15.341.553 jiwa. Posisi pertama (32%) katolik roma dan
posisi kedua (22%) pemeluk kristen protestan. Sebanyak 40% warga belanda
mengaku tidak beragama dan sekitar 0,5% pemeluk hindu.
Pada tahun 1971 jumlah umat islam
mencapai 54.300 dan mmeningkat pesat pada tahun 1993 menjadi 560.300 jiwa.
Kenaikan rata-rata 0,6% setahun. Umatislam itu berasal dari turki (46%), Maroko
(38,8%), Suriname (6,2%), pakistan (2,2%), Mesir (0,7%), Tunisia (0,9%),
Indonesia (1,6%) dan lainnya, termasuk warga negara asli belanda (3,9%).
Pada tahun 1990 jumlah mesjid sudah
mencapai 300 buah di seluruh belanda, jumlah itu meningkat jauh dari tahun 1971
yang hanya beberapa buah mesjid maluku, An-Nur, di Balk.
7.Perkembangan Islam
di Inggris
Dalam penyebaran Islam di inggris,
Mozabores adalah seorang yang sangat berjasa dalam menyebarkan ilmu pengetahuan
islam. Mozabores mengganti namanya menjadi petrus al-ponsi. Ia juga seorang
dokter istana raja inggris, Henry I. Itulah sebabnya di negeri itu perkembangan
islam cukup baik. Pengembangan islam dilakukan pada hari-hari libur, seperti
hari sabtu dan ahad, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.
Adapun beberapa organisasi islam yang
berdiri di sana, antara lain sebagai berikut.
a.The slamic Council of Eurpe (Majelis
Islam Eropa), sebagai pengawas kebudayaan eropa.
b.The Union of Moslem
Organization(persatuan organisasi islam inggris).
c.The Association for british
Moslem(perhimpunan muslim inggris).
d.Islamic Foundation dan Moslem’s
Institute,kebudayaan bergerak dalam bidang penelitian. Anggota-anggotanya
terdiri atas orang-orang inggris dan imigran.
Salah satu pengembangan agama islam, di
pusat kota london telah dibangun majid agung (Central Mosque) Gents Park yang
mampu menampung jamaah sekitar 4.000 orang. Perncang masjid tersebut
adalahfredrik gobberd and patners. Masjid itu juga dilengkapi dengan
perpustakaan sebagai pusat kegiatan sosial dan administrasi.
Masyarakaat muslim london telah telah
membeli sebuah gereja dengan harga 85.000 poundsterling di pusat kota london.
Gereja tersebut diubah bentuknya menjadi masjid dan difungsikan sebagai tempat
pendidikan dan pengajaran ilmu-ilmu agama islam.
Karena inggris merupakan pusat
kebudayaan islam bagi seluruh eropa di bawah pengawasan Majelis Islam Eropa,
maka dalam rangka kegiatan konferensi diadakan festival kebudayaan islam.
Festival tersebut menampilkan antara lain sebagai berikut.
a.Benda-benda karya logam dari persia
b.Al-quran dan naskah-naskahnya yang paling
kuno
c.Kesenian suku bangsa hausa
d.Musik dan alat-alat musik
e.Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam
islam
f.Kesenian islam yang dibuka secara
resmi oleh ratu elizabeth
g.Permadani dari asia tengah
Adapun faktor-faktor yang menyebabkan
festival dislenggarakan di innggris adalah karena kota london dianggap paling
praktis untuk menyelenggarakan festival tersebut. Disamping itu juga karena
adanya faktor-faktor berikut.
a.Umat islam di inggris paling banyak
jumlahnya apabila dibandingkan dengan jumlah umat islam yang ada di
negara-negara di eropa barat, yaitu lebih kurang 1 juta orang, padahal tahun
1974 hanya ada 400.000 orang.
b.Sebagian besar dariislamiccentredan
organisasi-organisasi yang bernamaislamic of europe.
c.Para orientalis inggris sudah lebih dulu
berkenalan dengan islam dan kebudayaannya dibanding dengan sarjana-sarjana dari
negara-negara lain di eropa.
d.Yang pertama kali memperkenalkan
Al-quran ke eropa adalah seorang sarjana dari inggris, Robert Kotton, yang juga
menerjemahkannya ke dalam bahasa latin.
e.Kamus Arab-Inggris yang pertama
disusun oleh sarjana inggris, yaitu E.W. Lanes.
8.Perkembangan Islam
di Australia
pada abad ke-20 M perkembangan masjid
di Australia cukup mengembirakan karena banyak masjid yang dibuat oleh arsitek
yang berasal dari penduduk pribumi Australia, diantaranya sebagai berikut.
a.Pada tahun 1907 di Brisbane didirikan
masjid yang indah dan besar oleh arsitek Sharif Aborsi dan Ismeth Abidin.
b.Pada tahun 1967 di Queensland
didirikan mesjid lengkap denganislamic centerdi bawah pimpinan Fethi Seit
Mecea.
c.Pada tahun 1970 di Mareebe diresmikan
sebuah masjid yang mampu memuat 300 jamaah dengan imamnya H. Abdul Lathif.
d.Di kota Sarrey Hill dibangun Masjid
Raya Faisal dengan bantuan pemerintah Arab Saudi.
e.Di Sidney dibangun Masjid dengan
biaya 900.000 dolar.
Pendidikan Islam diselenggarakan agar
dapat melestarikan pertumbuhan kehidupan agama Islam. Maka, di Brisbane
didirikanQueensland Islamic Socientyyang bertujuan menyadarkan anak-anak muslim
untuk melakukan salat dan hubungan baik sesama manusia. Pelajarnya terdiri atas
anak-anak dari Indonesia, India, Pakistan, Turki, Afrika, Libanon dan Australia
sendiri. Mereka selama 5-15 tahun menerima pelajaran Al-Qur’an dan tata
kehidupan secara Islam. Dalam usaha meningkatkan kemajuan Islam, maka didirikan
bermacam-macam organisasi, antara lain sebagai berikut:
a.Australia Federation of Islamic Councils(Federasi
dewan-dewan Islam Australia, berpusat di Sidney).
b.Federation of slamic
Socienties(Federasi Masyarakat Islam), organisasi itu bersifat nasional
meliputi 35 buah organisasi masyarakat Islam lokal ditambah dengan 9 dewan
Islam negara-negara bagian.
c.Moslem Students Association(Himpunan
Mahasiswa Muslim), organisasi tersebut mengeluarkan majalahal-Manar(berbahasa
arab) danAustralia Mimaret(berbahasa inggris). Majalah itu pertama kali
dikeluarkan olehFederation of Islamic Societiesdan bertebaran di New South
Wales, Sidney, Victoria, Melbourne, dan daerah-daerah lainnya.
d.Moslem Women’s Center(pusat
wanita-wanita Islam), bertujuan memberikan pelajaran tentang keislaman dan juga
pelajaran bahasa inggris bagi kaum muslimin dari luar negeri yang datang ke
Australia dengan kecakapan yang kurang dalam bahasa inggris. Lembaga itu
berdiri pada bulan oktober 1979.
9.Perkembangan Islam
di Sudan
Islam masuk ke Sudan pada masa
perluasan yang dilakukan oleh Abdullah bin Said bin Abi Sarah. Ia mencoba memasuki
kota Noubah dua kali pada pemerintahan Utsman bin Affan, yaitu pada tahun 20 H
(640 M) dan tahun 31 H (651 M). Kerajaan Islam di Sudan yang terkenal antara
lain Kerajaan al-Funji 1505-1820 M, Kesultana Darafura tahun 1638-1875 M, dan
Kerajaan Toqli tahun 1570 sampai akhir abad ke-19.
Republik Sudan beribukota di Khortum.
Jumlah penduduknya 16.911.000 yang beragama Islam 14.375.000= 85%. Penyebaran
Islam di Sudan dengan cara mengajarkan ilmu tasawuf dan ajaran filsafat. Ahli
tarekat dan tasawuf yang mansyur dan berpengaruh di kalangan muslim di Sudan
pada saat itu, antara lain sebagai berikut.
a.Abdul Qadir Jaelani tahun 1179-1186
b.Abu Hasan asy-Syazili tahun 1196-1258
Ada beberapa hal yang perlu
diperhatikan dalam bidang pendidikandi Sudan, antara lain sebagai berikut.
-Di Sudan Utara pemerintah mendirikan
sekolah-sekolah umum dan sekolah kejuruan serta pondok-pondok pesantren, yang
termansyur bernamaMa’hadul ‘Ilmytahun 1901di Umumm Darman. Masa belajarnya 12
tahun.
-Ada sekolah guru bernamaKulliyatul Mu’alimin.
Di Sudan Selatan banyak sekolah-sekolah yang didirikan oleh misi dan zending
katolik dan protestan. Perguruan tinggi telah berdiri di Khortum, yaitu sebuah
universitas yang mempelajari berbagai ilmu pengetahuan. [2]
10.Perkembangan Islam
di Baghdad
Kota Baghdad didirikan oleh khalifah
Abbasyiah kedua, yaitu Jafar Al Mansur pada tahun 762 M. Baghdad yang artinya
taman keadilan ini dibangun oleh berbagai ahli bangunan dari mulai arsitek,
senuman sampai para tukang kayu dan tukang batu serta tukang pahat yang
didatangkan dari Syiria, Mosul, Basrah dan Kuffah dengan memperkerjakan sekitar
100.000 orang.
Kota ini berbentuk bundar dan
dikelilingi oleh tembok yang tinggi serta parit yang berfungsi sebagai saluran
air dan benteng pertahanan. Untuk memasuki kota baghdad dapat melalui empat
pintu, yaitu:
a.Dari sebelah barat daya melalui pintu
Bab al Kuffah
b.Dar sebelah barat laut melalui pitu
Bab al Syam
c.Dari sebelah tenggara melalui pintu
Bab al Basrah
d.Dari sebelah timur laut melalui pintu
Bab al Khurasan
Diantara pintu gerbang dibagi 28 menara
sebagai tempat pengawal negara. Di atas pintu gerbang dibangun suatu istana
peristirahatan yang dihiasi berbagai ukiran indah dan karya seni yang
mengagumkan.
Dari kota Baghdad ini memancarkan
berbagai sinar kebudayaan dan peradaban islam diberbagai dunia. Mulai supermasi
hukum, ekonomi, politik dan kegiatan intelektual, bahkan di kota ini didirikab
universitas pertama yang terkenal yaitu “Baitul Hikmah”. Dari kota baghdad ini
lahir berbagai ilmuan yang ahli dalam berbagai disiplin ilmu, seperti Al
Khawarizmi, seorang ahli astronomi, fisika, dan penemuan ilmu Al Jabar serta Al
Kindi dan Ar Razi, filosof,fisikawan, dan ahli ilmu kedokteran.
Demikian pula para imam mazhab besar
dalam ilmu hukum islam, seperti Imam Hanafi, Imam Syafi’i, dan Imam Hambali
juga ulama besar pendiri tarekat Qadiriyah, yaitu Syekh Imam Abdul Qadir
Jaelani.
11.Perkembanagan
Islam di Mesir
Kairo sebagai ibu kota Mesir, dibangun
pada tanggal 17 sya’ban 358 H oleh panglima perang dalam Dinasti Fatimiyah,
Jawhar Al Sigili. Ia pula yang membangun Masjid Al Azhar yang kemudian
berkembang enjadi universitas terkemuka yaitu Universitas al Azhar. Kota Kairo
mengalami masa kejayaan pada masa Dinasti Fatimiyah, masa Shalahudin al Ayubi,
dan Dinasti Mamalik. Pada masa Al Muiz dilakukan tiga kebijakan besar, yaitu
pembaharuan dalam bidang administrasi mengangkat seorangWazir(menteri), dalam
bidand ekonomi, menggaji khusus tentara dan pejabat negara, dan dalam masalah
agama mengembangkan sikap toleransi beragama dengan mendirikan empat lembaga
peradilan.
Pada masa pemerintahan al Hakim juga
didirikan lembaga ilmu pengetahuan yang mirip dengan di baghdad yaitu “Baitul
Hikmah”. Karya-karya ilmu pengetahuan yang muncul pada masa itu ialah
kamus-kamus, biografi, kompodium sejarah, manual hukum, komentar teologi, dan
ilmu kedokteran, bahkan didirikan rumah sakit khusus untuk orang yang cacat
pikiran. [3]
D.Hikmah Perkembangan
Islam di Dunia
Ada beberapa hal yang dapat kita ambil
hikmahnya setelah kita belajar sejarah perkembangan Islam, yaitu antara lain:
1)Perbedaan paham atau aliran di
kalangan umat islam di dunia ternyata sangat banyak. Apabila hal ini diwarnai
dengan tolerensi, maka yang terjadi adalah kemajuan dan kehidupan yang damai.
Akan tetapi apabila perbedaan itu dipertentangkan maka akan terjadi kemunduran
2)Sesungguhnya ajaran islam itu adalah
cinta damai.
3)Apabila pemimpin cinta ilmu dan
masyarakat pun gemar belajar akan berdampak pada perkembangan dan kemajuan
suatu Negara.
4)Melalui sejarah, kita dapat mencari
upaya antisipasi agar kekeliruan yang mengakibatkan kemunduran dan kegagalan di
masa lalu tidak terjadi lagi.
5)Perselisihan dan ketidak percayaan
terhhadap sesame ternyata membawa kemunduran bahkan kehancuran.
6)Pengalaman pelaku sejarah dapat
dijadikan contoh dan inspirasi dalam berfkir dan bertindak agar kejayaan islam
dapat berkembang tanpa mengenal batas waktu
7)Kecerdasan menyebabkan kemajuan dan
rakyat hidup makmur.
8)Sikap fanatic dan tidak memenfaatkan
akal sedikitpun akanmembawa dampak terhadap perkembangan ijtihad. Umat islam
harus berfikir untuk mencari inovasi baru demi kemajuan ilmu dan kemakmuran
negeri.
9)Menggali ilmu pengetauan untuk
membuat hasil karya yang bermanfaat baik berupa teknologi maupun system yang
membawa kemajuan negeri dan kesejahtaraan rakyat. [4]
10)Hanya dengan kerja keras dan usaha
yang maksimal, apa yang diinginkan akan berhasil. Hal ini dapat dilihat bahwa
Islam berkembang dengan baik di berbagai belahan dunia adalah atas usaha yang
maksimal umat muslim.
11)Perjuangan yang tak pernah putus asa
menjadi motivasi bagi kita dalam ber amar ma’ruf nahi mungkar.
12)Sesama muslim adalah saudara,
meskipun dari berbagai benua dan negara yang berbeda. Persaduaraan itu di ikat
adanya aqidah atau ketuhanan yang satu Allah dan kitab suci yang satu yaitu Al
Qur’an.
13)Menjadikan perbedaan dalam hal warna
kulit, beda bahasa, suku jenis rabut dan lain sebagainya sebagi rahmat, bukan
sebagai jurang pemisah.
14)Dapat memberikan ide dan kreatifitas
tinggi untuk mengadakan perubahan-perubahan supaya lebih maju dengan cara yang
efektif dan efisien, Problema-problema masa lalu dapat menjadi pelajaran dalam
bidang yang sama pada masa yang selanjutnya.
15)Pelajaran yang dapat diambil dari
sejarah dapat menjadi pilihan ketika mengambil sikap.Bagi orang yang mengambil
jalan sesuai dengan ajaran dan petunjuk Nya, orang tersebut akan mendapat
keselamatan
16)Dalam sejarah, dikemukakan pula
masalah sosial dan politik yang terdapat di kalangan bangsa-bangsa terdahulu.
Semua itu agar menjadi perhatian dan menjadi pelajaran ketika menghadapi
permasalahan yang mungkin akan terjadi
17)Memotivasi diri terhadap masa depan
agar memperoleh kemajuan serta mengupayakan agar sejarah yang mengandung nilai
negatif atau kurang baik tidak akan terualng kembali. [5]
E.Kesimpulan
Perkembangan Islam di dunia di awali
ketika nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu dari Allah SWT., dimana agama Islam
pertama kali datang. Setelah Rasulullah wafat, maka perkembangan Islam dilanjutkan
oleh para Sahabat Nabi, dan selanjutnya dilanjutkan oleh umat muslim sampai
pada zaman modern sekarang ini. Sejalan dengan perkembangan zaman, Agama Islam
telah mengalami kemajuan hingga sampai pada saat sekarang yang dipengaruhi oleh
perkembangan ilmu dan teknologi. Adapun perkembangan islam di dunia dapat
dibagi kedalam beberapa bidang perkembangan yakni: dibidangAgama, Politik,
Ekonomi, Ilmu Pengetahuan, Teknologi, seni dan budaya Islam. Dari kesemua
bidang tersebut diatas, mengalami perkembangan secara bertahap, hingga sampai
pada saat sekarang ini.
Dengan adanya sejarah yang mencatat
bagaimana perkembangan islam semenjak awal datangnya Islam, hingga sampai pada
saat sekarang ini Islam berkembang secara pesat maka kita dapat mengambil
hikmah dari sejarah terdahulu tersebut. Yang mana hal-hal yang baik dari cerita
sejarah, dan mendatangkan manfaat dapat kita jadikan pedoman dalam kehidupan.
Dan meninggalkan serta mengambil pelajaran dari hal-hal yang tidak baik yang
terjadi pada masa perkembangan islam terdahulu.
Terima kasih sudah berkenan membaca
artikel tersebut di atas tentang Contoh Perkembangan Islam di Dunia. Penulis mohon teman-teman
kiranya berkenan memberikan kritik dan saran yang membangun karena penulis rasa
artikel tersebut di atas jauh dari kata sempurna. Penulis juga mohon maaf jika
terdapat kesalahan baik dari segi tulisan maupun bahasa. Thank you.
ConversionConversion EmoticonEmoticon