Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah datamenurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan per hitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesinitu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanikmulai dari abakusdan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mem proses informasi" atau " sistempeng olah informasi."
Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.
1.Generasi Pertama
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu memengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.
Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut " bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum(yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetikuntuk penyimpanan data.
2.Generasi Kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memprosesinformasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karier baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer). Industr piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
3.Generasi Ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
4.Generasi Keempat
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena memopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
5.Generasi Kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepangadalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
Jenis-jenis komputer
Komputer zaman sekarang sudah merupakan barang yang tidak asing lagi, bahkan merupakan sebuah kebutuhan, dari segi disain dan fungsinya berbagai jenis komputer telah di ciptakan untuk mempermudah kinerja para penggunanya
Dan jenis-jenis komputer tesebut diberikan nama sesuai dengan fungsinya masing-masing antara lain mari kita lihat beberapa jenis komputer
1. Personal Computer (PC)
Adalah istilah yang digunakan untuk komputer yang diletakkan di atas meja (Desktop Komputer); biasanya yang diletakkan diatas meja hanyalah monitor, mouse dan keyboard, sementara CPU diletakkan dibawah meja. Komputer ini terpisah antara CPU dengan monitornya. Biasanya komputer ini banyak digunakan untuk keperluan mengakses atau mengedit data dengan waktu yang cukup lama, dan juga banyak digunakan oleh para gamers.
Komputer ini dapat di upgrade dengan mudah dibandingkan dengan komputer lainnya untuk meningkatkan performa komputer tersebut.
2. Desknote
Selain PC yang diletakkan di atas meja, ada juga komputer portable dengan ukuran yang lebih kecil dari PC, namun tidak memiliki baterai. Catu daya yang digunakan langsung dari colokan listik yang ada. Dengan catu listrik maka harganya tidak semahal Laptop (komponen batere merupakan salah satu komponen yang mahal). Disebut desknote karena komputer ini mudah dibawa namun untuk penggunaannya sering ditaruh dimeja dengan catuan listrik dan dapat dilipat untuk mempermuadah penyimpanan.
3. Laptop
Adalah komputer yang bentuknya ringkas dan portable (mudah dibawa kemana-mana). CPU, monitor dan keyboard menyatu menyerupai sebuah buku. Untuk menggunakannya dibuka terlebih dahulu. Kenapa namanya laptop? Karena setiap penggunanya selalu menaruh di atas pangkuan (lap)
4. Notebook
Setelah populernya istilah laptop, lalu lahirlah laptop dengan ukuran yang lebih tipis. Ketebalannya mirip dengan buku kecil (note) sehingga keluarlah istilah notebook. Bentuknya hampir sama dengan laptop untuk mengetahui perbedaan antara Laptop, Notebook dan Netbook silahkan baca Link ini
4. Netbook
Komputer ini keluar sekira 2 atau 3 tahun terakhir. Kebutuhan orang untuk terhubung ke internet setiap saat baik untuk chatting, surfing, update blog, facebook dan sebagainya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut pabrikan berlomba-lomba membuat komputer portable yang ringan dan murah tetapi fiturnya dibatasi dari laptop dan notebook . Dari kondisi inilah lahir perangkat netbook atau notebook yang diperuntukkan bagi para netter (pelaku internet)
5. Subnotebook
Adalah notebook yang ukurannya lebih kecil dari notebook pada umumnya. Ukuran notebook umumnya 14-15 inch. Subnotebook kisaran layarnya berkisar antara 10-13 inch. Bentuk gambarnya mirip dengan Netbook
6. Palmtop
Dengan berkembangnya teknologi nano komputer dan IC, maka ukuran laptop juga semakin kecil. Bahkan ukurannya sebesar telapak tangan (palm). Sehingga dijuluki palmtop. Dengan bentuk menyerupai Handpohne, sehingga lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana untuk berinternet dan kebutuhan mengirim serta menerima email
7. PC Tablet
Kebutuhan pengguna PC/notebook untuk bekerja dan berkomunikasi membuat pabrikan menciptakan alat input (input) device selain keyboard dan mouse. Alhasil muncullah alat tulis kecil seperti pensil yang disebut dengan stylus. Stylus digunakan untuk menulis di monitor laptop/notebook dimana monitornya bisa diputar dan dilipat layaknya kita menulis di atas kertas. Komputer ini dinamakan PC Tablet
8. Rugged Laptop
Adalah laptop yang dikhususkan untuk kondisi ekstrim seperti tempat yang penuh goncangan atau berpotensi terhadap benturan, getaran dan air serta cuaca yang tidak mendukung untuk penggunaan PC biasa. Harganya paling mahal, dan PC ini biasanya digunakan oleh Pelaut, penyelam, Militer dan pekerja yang melakukan pekerjaan di lapangan dengan kondisi goncangan serta kelembaban yang ekstrim.
9. All in One PC (Touchscreen PC)
Komputer dimana motherboard, Processor, memory dan komponen komputer lainnya bersatu dengan monitor. Ukuran komputer ini beragam bisa mencapai 62 inc. Komputer ini juga dilengkapi dengan port Keyboard dan mouse wireless, selain itu layarnya juga layar sentuh, sehingga dapat mengakses menu dengan hanya menekan jari ke menu tersebut.
Biasanya komputer ini banyak digunakan di tempat umum, untuk melayani pelanggan yang datang seperti di Bandara penerbangan, Rumah sakit, Mall dll.
Sebenarnya masih banyak lagi bentuk komputer, dan setiap tahun akan bertabah jenis komputer untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknolog
Fungsi dan Kegunaan Komputer Secara Umum
dapat membantu kita menyelesaikan banyak tugas-tugas kita. Seperti yang telah anda ketahui, awal mula fungsi komputer berkaitan erat dengan pengolahan suatu informasi yang mana pengolahan informasi tersebut sangat eksklusif hubungannya dengan masalah aritmatika. Hal itu terjadi pada awal ditemukannya komputer.
fungsi dan kegunaan komputer
Namun, seiring berjalannya waktu dan berkembangannya teknologi sekarang komputertidak hanya untuk menyelesaikan tugas yang berhubungan dengan aritmatika saja.Beberapa fungsi dan kegunaan komputer sekarang ini adalah sebagai berikut :
• Fungsi multimedia, dengan komputer kita dapat mengolah dan mengedit foto, atau mengolah dan memperbaiki video, juga dapat untuk merekam sebuah lagu. Jadi kita dapat mengedit foto yang kita sukai agar menjadi lebih baik atau terlihat lucu. Windows sendiri telah dilengkapi dengan software pengedit photo yang disebut paint. Namun, kemampuannya masih tergolong rendah jika dibanding dengan software-software pengedit photo yang terkenal seperti Photoshop maupun Photoscape.
• Fungsi hiburan, seperti bermain game, mendengarkan lagu, atau menonton film. Kita bisa menginstall game pada komputer kita dan memainkannya asal komputer kita memiliki spesifikasi yang di minta oleh game tersebut.
• Membantu proses pengajaran. Maksudnya disini adalah dapat membantu dalam proses presentasi dosen atau mahasiswa. Terkadang mahasiswa juga menggunakan komputer untuk menyimpan catatan nya (umumnya dalam bentuk e-book) sebagai ganti buku tulis. Serta fungsi lain mempermudah kan dalam mengerjakan tugas seperti karya ilmiah atau skripsi
• Fungsinya yang pertama yaitu melakukan sistem pemrograman dan pemrosesan sebuah data. Fungsi yang pertama ini sering digunakan pada aplikasi-aplikasi tentang sistem informasi, termasuk untuk pembuatan program yang mana dapat membantu memudahkan pengguna dalam menjalankan sebuah komputer.
• Fungsi yang erat kaitannya dengan bisnis, contohnya memproses informasi dan data keuangan sebuah perusahaan, pendataan karyawan, atau media promosi, atau bisa juga sebagai transaksi online. Dengan adanya komputer, bisnis lebih mudah dan cepat.
Akhir-akhir ini komputer juga bisa sebagai sarana bersosialisasi. Maksudnya adalah dengan menggunakan komputer kita dapat berinteraksi dengan user atau pengguna lain di belahan dunia manapun, asalkan terkoneksi dengan jaringan internet. Selain itu juga tersediannya sarana untuk berhubungan dengan orang lain seperti Facebook, twitter dan lain sebagainya yang mana semakin hari mereka semakin mempercanggih sarana tersebut demi kepuasan penggunanya. Itulah fungsi dan kegunaan komputer yang dapat kami sampaikan.
Dampak Positif dan Negatif komputer
Setiap orang yang bergelut dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi pasti sering berhadapan dengan computer (internet). Apalagi di zaman globalisasi sekarang ini banyak situs jejaring social seperti Facebook, twitter, friendster dan lain-lain, yang menjadikan teknologi semakin maju. Siswa SMP sekarang sangat berbeda dengan zaman dahulu karena computer menjadi salah satu factor sarana dan prasarana yang penting dalam belajar. Tetapi perlu diingat terdapat beberapa factor yang dapat menjadikan computer berdampak positif bahkan negative.
a) Dampak Positif
Þ Supporting the process of globalization Mendukung proses globalisasi, yaitu tidak hanya membuat dunia tanpa batas dan belahan dunia yang satu seolah dekat dengan belahan dunia yang lainnya sehingga orang-orang didalamnya dapat saling menyampaikan gagasan atau memperoleh informasi dengan mudah, cepat, dan terasa dekat satu sama lain. Meskipun pada kenyataannya mereka dipisahkan oleh jarak dan waktu.
Þ Easing the process of communication, memudahkan proses komunikasi. Dengan adanya teknologi internet maka komuikasi antara seseorang dengan orang lain dapat berlangsung dengan lebih murah, cepat, dan efisien.
Þ Saving cost, menghemat biaya. Membantu komputerisasi proses-proses bisnis, sehingga beberapa proses yang biasa dilakukan secara manual dapat dikurangi dan pada akhirnya dapat menghemat proses biaya tersebut, conton ATM, Pembayaran listrik dan lain-lain.
Þ Bridging or overcoming the cultural gap, Menjembatani atau mengatasi perbedaan budaya, yaitu menjadi jembatan bagi masyarakat yang mempunyai perbedaan budaya untuk dapat saling berkomunikasi dan memungkinkan terjadinya pertukaran pandangan atau gagasan; peningkatan kesadaran untuk hidup rukun, serta mengurangi prasangka buruk yang mungkin timbul sebagai akibat dari perbedaan buadaya dan cara pandang.
Þ Providing more time and opportunities, menyediakan lebih banyak waktu dan kesempatan.
Þ Providing new job, menyediakan lahan atau bidang pekerjaan yang baru.
a) Dampak Negatif
Þ Menimbulkan pengangguran, hal ini tentu berkaitan dengan kemampuan setiap individu karena dalam penggunaan computer membutuhkan kemampuan khusus, dan untuk membutuhkan keterampilan khusus ini membutuhkan dana yang cukup besar, sehingga tidak semua orang mempunyai kesempatan mempelajarinya.
Þ Memungkinkan seseorang, khususnya anak-anak untuk meniru budaya kekerasan dan budaya yang tidak sesuai dengan adat bangsa Indonesia.
Memungkinkan munculnya penipuan atau jenis kejahatan baru melalui internet
Þ Terlalu lama dapat merusak mata
ConversionConversion EmoticonEmoticon