AKULTURASI
DAN PERKEMBANGAN BUDAYA ISLAM
Berkembangnya kebudayaan Islam di
Kepulauan Indonesia telah menambah khasanah budaya nasional Indonesia, serta
ikut memberikan dan menentukan corak kebudayaan bangsa Indonesia. Akan tetapi
karena kebudayaan yang berkembang di Indonesia sudah begitu kuat di lingkungan
masyarakat maka berkembangnya kebudayaan Islam tidak menggantikan atau
memusnahkan kebudayaan yang sudah ada. Dengan demikian terjadi akulturasi
antara kebudayaan Islam dengan kebudayaan yang sudah ada. Akulturasi adalah
suatu proses sosial yang timbul apabila suatu kelompok manusia kebudayaan
tertentu diharapkan dengan unsur-unsur dari kebudayaan asing dengan sedemikian
rupa, sehingga unsur-unsur kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan tanpa
menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan itu sendiri.
Islam merupakan salah satu agama yang
masuk dan berkembang di Indonesia. Sebelum Islam masuk dan berkembang,
Indonesia sudah memiliki corak kebudayaan yang dipengaruhi oleh agama Hindu dan
Budha. Dengan masuknya Islam, Indonesia kembali mengalami proses akulturasi kebudayaan
karena percampuran bangsa-bangsa dan saling mempengaruhi yang melahirkan
kebudayaan baru yaitu kebudayaan Islam Indonesia. Hasil proses akulturasi
antara kebudayaan praIslam dengan ketika Islam masuk tidak hanya berbentuk
fisik kebendaan seperti seni bangunan, seni ukir atau pahat, dan karya sastra
tetapi juga menyangkut pola hidup dan kebudayaan non fisik lainnya. Beberapa
contoh bentuk akulturasi akan ditunjukkan pada paparan berikut.
1. Seni Bangunan
Seni dan arsitektur bangunan Islam di Indonesia
sangat unik, menarik dan akulturatif. Seni bangunan yang menonjol di zaman
perkembangan Islam ini terutama masjid, menara serta makam.
Masjid dan Menara
Dalam seni bangunan di zaman perkembangan Islam, nampak ada perpaduan antara unsur Islam dengan kebudayaan praIslam yang telah ada sebelumnya. Beberapa contoh seni bangunan Islam yang menonjol adalah masjid yang berfungsi sebagai tempat beribadah bagi orang Islam.
Masjid dan Menara
Dalam seni bangunan di zaman perkembangan Islam, nampak ada perpaduan antara unsur Islam dengan kebudayaan praIslam yang telah ada sebelumnya. Beberapa contoh seni bangunan Islam yang menonjol adalah masjid yang berfungsi sebagai tempat beribadah bagi orang Islam.
Bangunan masjid-masjid kuno di Indonesia
memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
·
Atapnya berbentuk tumpang yaitu atap yang bersusun semakin ke atas semakin
kecil dari tingkatan paling atas berbentuk limas. Jumlah atapnya ganjil 1, 3
atau 5. Dan biasanya ditambah dengan kemuncak untuk memberi tekanan akan
keruncingannya yang disebut dengan Mustaka.
·
Tidak dilengkapi dengan menara, seperti lazimnya bangunan masjid yang ada
di luar Indonesia atau yang ada sekarang, tetapi dilengkapi dengan kentongan
atau bedug untuk menyerukan adzan atau panggilan sholat. Bedug dan kentongan
merupakan budaya asli Indonesia.
·
Letak masjid biasanya dekat dengan istana yaitu sebelah barat alun-alun
atau bahkan didirikan di tempat-tempat keramat yaitu di atas bukit atau dekat
dengan makam.
Makam-makam yang lokasinya di dataran
dekat masjid agung, bekas kota pusat kesultanan antara lain makam sultan-sultan
Demak di samping Masjid Agung Demak, makam raja-raja Mataram-Islam Kota Gede
(D.I. Yogyakarta), makam sultan-sultan Palembang, makam sultan-sultan di daerah
Nanggroe Aceh, yaitu kompleks makam di Samudera Pasai, makam Sultan Ternate di
Ternate, makam sultan-sultan Goa di Tamalate, dan kompleks makam raja-raja di
Jeneponto dan kompleks makam di Watan Lamuru (Sulawesi Selatan), makam-makam di
berbagai daerah lainnya di Sulawesi Selatan, serta kompleks makam Selaparang di
Nusa Tenggara dan masih banyak yang lainnya.
Di beberapa tempat terdapat makam-makam
yang penempatannya berada di daerah dataran tinggi. Seperti makam Sunan Bonang
di Tuban, makam Sunan Derajat (Lamongan), makam Sunan Kalijaga di Kadilangu
(Demak), makam Sunan Kudus di Kudus, makam Maulana Malik Ibrahim dan makam
Leran di Gresik (Jawa Timur), makam Datuk Ri Bkalianng di Takalar (Sulawesi
Selatan), makam Syaikh Burhanuddin (Pariaman), makam Syaikh Kuala atau Nuruddin
ar-Raniri (Aceh) dan masih banyak para dai lainnya di tanah air yang dimakamkan
di dataran.
Ciri-ciri dari wujud akulturasi pada
bangunan makam terlihat dari:
·
Makam-makam kuno dibangun di atas bukit atau tempat-tempat yang tinggi.
·
Makamnya terbuat dari bangunan batu yang disebut dengan Jirat atau Kijing,
nisannya juga terbuat dari batu.
·
Di atas jirat biasanya didirikan rumah tersendiri yang disebut dengan
cungkup atau kubba.
·
Dilengkapi dengan tembok atau gapura yang menghubungkan antara makam dengan
makam atau kelompok-kelompok makam.
·
Di dekat makam biasanya dibangun masjid, maka disebut masjid makam dan
biasanya makam tersebut adalah makam para wali atau raja. Contohnya masjid
makam Sendang Duwur di Tuban.
Makam-makam yang terletak di tempat-tempat tinggi menunjukkan kesinambungan tradisi yang merupakan pengejawantahan pendirian punden-punden berundak pada masa Megalitik. Tradisi tersebut dilanjutkan pada masa Hindu-Buddha dalam bentuk bangunan-bangunan yang disebut candi. Antara lain Candi Dieng yang berketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, Candi Gedongsanga, Candi Borobudur. Percandian Prambanan, dan lain-lain.
Setelah kebudayaan Indonesia Hindu-Buddha mengalami keruntuhan unsur seni bangunan keagamaan masih diteruskan. Beberapa contoh akulturasi bangunan keagamaan antara lain sebagai berikut.
·
Makam-makam yang lokasinya di atas bukit, makam yang paling atas adalah
yang dianggap paling dihormati misalnya Sunan Gunung Jati atau Syarif
Hidayatullah di Gunung Sembung, di bagian teratas kompleks pemakaman Imogiri
ialah makam Sultan Agung Hanyokrokusumo. Kompleks makam yang mengambil tempat
datar misalnya di Kota Gede, orang yang paling dihormati ditempatkan di bagian
tengah.
·
Makam walisongo dan sultan-sultan pada umumnya ditempatkan dalam bangunan
yang disebut cungkup yang masih bergaya kuno dan juga dalam bangunan yang sudah
diperbaharui. Cungkup-cungkup yang termasuk kuno antara lain cungkup makam
Sunan Giri, Sunan Derajat, dan Sunan Gunung Jati.
Di samping bangunan makam, terdapat tradisi pemakaman yang sebenarnya bukan berasal dari ajaran Islam. Misalnya, jenazah dimasukkan ke dalam peti. Pada zaman kuno ada peti batu, kubur batu dan lainnya. Sering pula di atas kubur diletakkan bunga-bunga. Pada hari ke-3, ke-7, ke40, ke-100, satu tahun, dua tahun, dan 1000 hari diadakan selamatan. Saji-sajian dan selamatan adalah unsur pengaruh kebudayaan pra-Islam, tetapi doa-doanya secara Islam.
2. Seni Ukir
Pada masa perkembangan Islam di zaman
madya, berkembang ajaran bahwa seni ukir, patung, dan melukis makhluk hidup,
apalagi manusia secara nyata, tidak diperbolehkan sehingga perkembangan seni
patung kurang berkembang. Sesudah zaman madya, seni patung berkembang seperti
yang dapat kita saksikan sekarang ini.
Namun, seni pahat atau seni ukir terus berkembang dalam bentuk seni hias dan seni ukir dengan motif daun-daunan dan bunga-bungaan seperti yang telah dikembangkan sebelumnya. Kemudian juga ditambah seni hias dengan huruf Arab (kaligrafi). Bahkan muncul kreasi baru, yaitu kalau terpaksa ingin melukiskan makluk hidup, akan disamar dengan berbagai hiasan, sehingga tidak lagi jelas-jelas berwujud binatang atau manusia.
Banyak sekali bangunan-bangunan Islam yang dihiasi dengan berbagai motif ukir-ukiran. Misalnya, ukir-ukiran pada pintu atau tiang pada bangunan keraton ataupun masjid, pada gapura atau pintu gerbang. Dikembangkan juga seni hias atau seni ukir dengan bentuk tulisan Arab yang dicampur dengan ragam hias yang lain. Bahkan ada seni kaligrafi yang membentuk orang, binatang, atau wayang.
Namun, seni pahat atau seni ukir terus berkembang dalam bentuk seni hias dan seni ukir dengan motif daun-daunan dan bunga-bungaan seperti yang telah dikembangkan sebelumnya. Kemudian juga ditambah seni hias dengan huruf Arab (kaligrafi). Bahkan muncul kreasi baru, yaitu kalau terpaksa ingin melukiskan makluk hidup, akan disamar dengan berbagai hiasan, sehingga tidak lagi jelas-jelas berwujud binatang atau manusia.
Banyak sekali bangunan-bangunan Islam yang dihiasi dengan berbagai motif ukir-ukiran. Misalnya, ukir-ukiran pada pintu atau tiang pada bangunan keraton ataupun masjid, pada gapura atau pintu gerbang. Dikembangkan juga seni hias atau seni ukir dengan bentuk tulisan Arab yang dicampur dengan ragam hias yang lain. Bahkan ada seni kaligrafi yang membentuk orang, binatang, atau wayang.
3. Aksara dan Seni Sastra
Tersebarnya agama Islam ke Indonesia maka berpengaruh terhadap bidang
aksara atau tulisan, yaitu masyarakat mulai mengenal tulisan Arab, bahkan
berkembang tulisan Arab Melayu atau biasanya dikenal dengan istilah Arab gundul
yaitu tulisan Arab yang dipakai untuk menuliskan bahasa Melayu tetapi tidak
menggunakan tanda-tanda a, i, u seperti lazimnya tulisan Arab.
Seni sastra yang berkembang pada awal
periode Islam adalah seni sastra yang berasal dari perpaduan sastra pengaruh
Hindu-Budha dan sastra Islam. Wujud akulturasi dalam seni sastra tersebut
terlihat dari tulisan/ aksara yang dipergunakan yaitu menggunakan huruf Arab
Melayu (Arab Gundul) dan isi ceritanya juga ada yang mengambil hasil sastra
yang berkembang pada jaman Hindu. Bentuk seni sastra yang berkembang antara
lain sebagai berikut :
·
Hikayat yaitu cerita atau dongeng yang berpangkal dari peristiwa atau tokoh
sejarah. Hikayat ditulis dalam bentuk gancaran (karangan bebas atau prosa).
Contoh hikayat yang terkenal yaitu Hikayat 1001 Malam, Hikayat Amir Hamzah,
Hikayat Pandawa Lima (Hindu), Hikayat Sri Rama (Hindu).
·
Babad adalah kisah rekaan pujangga keraton sering dianggap sebagai
peristiwa sejarah contohnya Babad Tanah Jawi (Jawa Kuno), Babad Cirebon.
·
Syair berasal dari perkataan Arab untuk menamakan karya sastra berupa
sajak-sajak yang terdiri atas empat baris setiap baitnya. Contoh syair sangat
tua adalah syair yang tertulis pada batu nisan makam putri Pasai di Minye
Tujoh.
·
Suluk adalah kitab yang membentangkan soal-soal tasawwuf contohnya Suluk
Sukarsa, Suluk Wijil, Suluk Malang Sumirang dan sebagainya.
4. Kesenian
Di Indonesia, Islam menghasilkan kesenian bernafas Islam yang bertujuan untuk menyebarkan ajaran Islam. Kesenian tersebut, misalnya sebagai berikut.
·
Permainan debus, tarian ini diawali dengan pembacaan ayat-ayat dalam Al
Quran dan salawat nabi. Tarian ini terdapat di Banten dan Minangkabau.
·
Seudati berasal dan kata syaidati yang artinya permainan orang-orang besar.
Seudati sering disebut saman artinya delapan. Para pemain menyanyikan lagu yang
isinya antara lain salawat nabi
·
Wayang, termasuk wayang kulit. Pertunjukan wayang sudah berkembang sejak
zaman Hindu, akan tetapi, pada zaman Islam terus dikembangkan. Kemudian
berdasarkan cerita Amir Hamzah dikembangkan pertunjukan wayang golek.
5. Sistem Pemerintahan
Sebelum Islam masuk Indonesia, sudah
berkembang pemerintahan yang bercorak Hindu Budha, tetapi setelah Islam masuk,
maka kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu/Budha mengalami keruntuhannya dan
digantikan peranannya oleh kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam seperti
Samudra Pasai, Demak, Malaka dan sebagainya. Sistem pemerintahan yang bercorak
Islam, rajanya bergelar Sultan atau Sunan seperti halnya para wali dan apabila
rajanya meninggal tidak lagi dimakamkan dicandi/dicandikan tetapi dimakamkan
secara Islam.
6. Sistem Kalender
Menjelang tahun ketiga pemerintahan
Khalifah Umar bin Khattab, beliau berusaha membenahi kalender Islam.
Perhitungan tahun yang dipakai atas dasar peredaran bulan (komariyah). Umar
menetapkan tahun 1 H bertepatan dengan tanggal 14 September 622 M, sehingga
sekarang kita mengenal tahun Hijriyah.
Sebelum budaya Islam masuk ke Indonesia, masyarakat Indonesia sudah mengenal Kalender Saka (kalender Hindu) yang dimulai tahun 78M. Dalam kalender Saka ini ditemukan nama-nama pasaran hari seperti legi, pahing, pon, wage dan kliwon.
Setelah berkembangnya Islam Sultan Agung dari Mataram menciptakan kalender Jawa, dengan menggunakan perhitungan peredaran bulan (komariah) seperti tahun Hijriah (Islam). Pada kalender Jawa, Sultan Agung melakukan perubahan pada nama-nama bulan seperti Muharram diganti dengan Syuro, Ramadhan diganti dengan Pasa. Sedangkan nama-nama hari tetap menggunakan hari-hari sesuai dengan bahasa Arab. Dan bahkan hari pasaran pada kalender saka juga dipergunakan. Kalender Sultan Agung tersebut dimulai tanggal 1 Syuro 1555 Jawa, atau tepatnya 1 Muharram 1053 H yang bertepatan tanggal 8 Agustus 1633 M
Sebelum budaya Islam masuk ke Indonesia, masyarakat Indonesia sudah mengenal Kalender Saka (kalender Hindu) yang dimulai tahun 78M. Dalam kalender Saka ini ditemukan nama-nama pasaran hari seperti legi, pahing, pon, wage dan kliwon.
Setelah berkembangnya Islam Sultan Agung dari Mataram menciptakan kalender Jawa, dengan menggunakan perhitungan peredaran bulan (komariah) seperti tahun Hijriah (Islam). Pada kalender Jawa, Sultan Agung melakukan perubahan pada nama-nama bulan seperti Muharram diganti dengan Syuro, Ramadhan diganti dengan Pasa. Sedangkan nama-nama hari tetap menggunakan hari-hari sesuai dengan bahasa Arab. Dan bahkan hari pasaran pada kalender saka juga dipergunakan. Kalender Sultan Agung tersebut dimulai tanggal 1 Syuro 1555 Jawa, atau tepatnya 1 Muharram 1053 H yang bertepatan tanggal 8 Agustus 1633 M
Terima kasih sudah berkenan membaca artikel tersebut di atas tentang AKULTURASI DAN PERKEMBANGAN BUDAYA ISLAM. Penulis mohon teman-teman kiranya berkenan memberikan kritik dan saran yang membangun karena penulis rasa artikel tersebut di atas jauh dari kata sempurna. Penulis juga mohon maaf jika terdapat kesalahan baik dari segi tulisan maupun bahasa. Thank you.
ConversionConversion EmoticonEmoticon