LAPORAN
HASIL PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI KANTOR BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH(BAPPEDA)
KABUPATEN KEPAHIANG
Periode 09 Januari s.d. 31 Maret 2017
DISUSUN OLEH
ANDO RONALDI
NISN
BIDANG KEAHLIAN :
BISNIS DAN MANAJEMEN
PROGRAM KEAHLIAN :
ADMINISTRASI
PAKET KEAHLIAN :
ADMINISTRASI PERKANTORAN
PEMERINTAHPROVINSI BENGKULU
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK NEGERI 1 SEBERANG MUSI
Alamat: Jalan Desa Kandang Kec.
Seberang Musi Kab. Kepahiang Tlp/ fax :
(0732) 391831
2017
Laporan
Ini telah Disetujui Dan Disahkan Oleh :
Guru
Penguji
Ira
Wulandari, S.Pd.I.
NIP
19820406 200904 2 002
|
Guru
Pembimbing,
R.A.
SITI MARLIA, S.Pd.
NIP-
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
HADIWIJAYA,
S.Pd.
NIP
19731118 200502 1 005
|
Ketua
Jurusan,
ANSYORI, S.E.
NIP 19790709
201001 1 013
|
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan
ini telah disahkan oleh pihak sekolah
Diterima tanggal :
Rabu, 13 April 2017
Disetujui tanggal :
Rabu, 18 April 2017
Ketua
Jurusan,
Ansyori,
S.E.
NIP
1979
|
Guru
Pembimbing,
R.A
Siti Marlia, S.Pd.
NIP
-
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Hadiwijaya, S.Pd.
NIP 19731118 200502 1 001
KATA PENGANTAR
Puji syukur atas kehadirat
ALLAH SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nya laporan praktek kerja lapangan
ini dapat diselesaikan.
Laporan
ini dibuat sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian praktek kerja industri
di BadKata Pengantar
Puji dan syukur penulis ucapkan
kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya
Makalah yang
berjudul “Bekerja Sama Dalam Satu Tim” atas dukungan yang di berikan
Dalam
penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan terima kasih kepada :
Ø
Bapak
Hadiwijaya, S.pd. selaku Kepala SMKN 1 Seberang Musi
Ø
Bapak
Ansyori, S.E selaku ketua Jurusan yang
banyak memberi materi pendukung,
masukan, dan bimbingan kepada penulis
Ø
Ibu R.A Siti
Marlia, S.Pd. selaku guru pembimbing
yang memberikan dorongan dan masukan kepada penulis
Ø
Teman-teman
seperjuangan yang saya banggakan
Penulis menyadari bahwa
penyusunan ini jauh dari kata sempurna , maka dari itu penulis mengharapkan
kritik dan saran yang bersifat membangun agar dapat bermanfaat bagi penulis dan
siswa SMKN 1 Seberang Musi
Kepahiang, April 2017
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL...................................................................................................
i
HALAMAN PEGESAHAN........................................................................................
ii
KATA
PENGANTAR.................................................................................................
iii
DAFTAR ISI................................................................................................................
iv
BAB
1
PENDAHULUAN...........................................................................................
A. Latar Belakang............................................................................................
1
B. Tujuan
Prakeri.............................................................................................
2
C. Waktu dan Tempat
Prakerin........................................................................
3
D. Denah
Lokasi...............................................................................................
4
BAB
2 DESKRIPSI KEGIATAN PRAKERIN
A. Profil Tempat
Prakerin................................................................................
5
B. Sarana dan Prasarana Tempat
Prakerin....................................................... 6
BAB
3 PEMBAHASAN
BAB
4 PENUTUP
A. Kesimpulan................................................................................................
7
B. Saran..........................................................................................................
8
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dalam pelaksanaan suatu pekerja atau
kegiatan dipandang perlu dalam pembuatan suatu dokumen, karena suatu dokumen
tersebut berisi rentetan peristiwa dari pelaksanaan suatu kegiatan yang telah
dilakukan untuk penyusunan dokumen itu sendiri.
Tidak mudah seperti yang kita bayangkan atau kita lihat, karena apa yang
kita lihat sebenarnya hanya sebuah susunan kertas atau tumpukan data yang tersusun rapi dalam sebuah rak atau lemari.Begitu
juga mengenai pegolahan dokumen yang memerlukan keahlian dan ketelitian yang
tinggi.Dokumen yang merupakan data manual sangat rentan, akan tetapi dengan
kecangihan teknologi maka data-data dokumen yang bersifat manual bisa
dibentuk dalam data elektronik.
Dalam hal ini Bappeda Kabupaten Kpahiang
yang merupakan bagian dari Pemerintahan Daerah Kabupaten Kepahiang atau selaku SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) mempunyai visi dan misi dalam menjalankan
tugas pokok dan fungsi,maka dalam pelaksanaan telah menerapkan dan mengunakan
peralatan modern dalam menyusun dan mengelolah dokumen. Praktikkerja industri
(prakerind) merupakan tuntutan dari kurikulum pendidikan Sekolah Menengah
Kejuruan sebagai mana tertuang dalam UUD No.02 tahun 1989 tentang pendidikan
jalur sekolah.Program praktik kerja industri (prakerind) adalah program latihan
persiapan yang disediakan bagi siswa sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya,
tujuannya agar siswa dapat mengembangkan kemampuan kerja potensialnya yang
diperoleh dari proses pendidikan formal untuk
menyediakan tenaga kerja yang benar-benar siap dapat melakukan pekerjaan dengan
produktif yang memenuhi syarat kualitas dan kuantitas yang diharapkan. Keadaan dilapangan
seringkali berbeda dengan apa yang dipelajari dari kelas, sehinggga perlu
adanya praktik kerja industri yang memberi gambaran tentang kondisi di lapangan
kerja sesunguhnya.
B. Tujuan
Meningkatkan dan menambahkan wawasan
ilm pengetahuan serta mempraktikkan ilmu yang telah dipelajari disekolah dan
juga untuk mengetahui penyusunan dan pengelolahan dokumen yang ada di Bappeda
Kabupaten Kepahiang.
C. Waktu dan Tempat Prakerin
Waktu
prakerind dilaksanakan pada tanggal 02 Januari 2017 s.d. 31 Maret 2017.
Dilaksanakan dikantor Badan Perencanaan Pembangunaan Daerah Kabupaten Kepahiang.Aktivitas prakerind dilaksanakan di lantai 1 dan
2 kantor Bappeda Kabupaten Kepahiang yang beralamatkan dijalan Kompleks Pusat
Perkantoran Klobak, Kepahiang Provinsi Bengkulu dengan nomor telepon
/fax:(07320)391500.
D. Denah Lokasi
Lokasi prakerind dilaksanakan di
kantor Badan Perencanaan Pembagunaan Daerah Kabupaten Kepahiang yang beralamatkan
di jalan Pusat Perkantoran Klobak Kabupaten Kepahiang.
BAB II
DESKRIPSI KEGIATAAN PRAKERIND
A.
PROFIL TEMPAT PRAKERIND
Bappeda Kabupaten Kepahiang berdiri setelah Kabupaten
Kepahiang berdiri yang merupakan Kabupaten pemekaran dari Kabupaten Rejang
Lebong. Adapun Kabupaten Kepahiang resmi berdiri pada tanggal 7 Januari 2004.
Pada
saat Bappeda kabupaten Kepahiang didirikan, kondisinya masih sangat minim dan
sarana gedung yang dipakai masih menyewa serta prasarana belum memenuhi.Sebelum
dibangun gedung perkantoran Bappeda
Kabupaten Kepahiang meNgalami empat kali pindah alamat,yaitu pertama kalipada September 2005 pindah alamat
di jalan M. Jun No.340 Kelurahan Pasar
Kepahiang dari alamat sebelumnya di Jalan Koptu Z. Abidin Kabupaten Kepahiang.Selanjutnya pada tahun
2001 pindah ke Jalan Kgs.Hasan No 3 Kelurahan Pasar Ujung. Pada tahun 2008
pindah ke alamat Jalan Raya Kepahiang-Curup, Desa Pelangkian tepatnya didepan
kompleks Pemda Kabupaten Kepahiang yang sekarang. Terakhir pada Januari 2009
berkedudukan dikompleks Perkantoran Kelobak sekaligus menetap pada bangunan
yang telah didirikan oleh Pemda Kabupaten Kepahiang dan secara resmi menjadi
bangunan yang telah diperuntukkan bagi Bappeda Kabupaten Kepahiang.
Sejak Bappeda Kabupaten Kepahiang
berdiri, telah enam kali mengalami pergantian kepemimpinan yaitu :
1.
Ir. KMS. ZAINI pada bulan Maret 2004 s.d. 27 Maret 2008.
2.
M. TAHER, S.H. pada tanggal
27 Maret s.d. 27 Januari 2011.
3.
MANSORI, S.H, M.H. pada
tanggal 27 Januari 2011 s.d. 27 Maret 2011.
4.
DEN MAS, S. SOS, M.M. pada
tanggal 18 Maret 2011 s.d. 27 Maret 2012.
5.
R.A DENNI, S.H, M.M. pada
tangal 08 Januari 2012 s.d.
6.
BAB III
PEMBAHASAN
A. Bidang Kerja
Kegiatan prakerin yang dilakukan
oleh penulis pada kantor BAPPEDA dilakukanpada bidang/unit kerja yaitu :
1.
Bidang Fispra (Fisik dan
Prasarana)
Bidang fisik dan prasarana mempunyai tugas membantu kepala
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
melaksanakan tugas mengkodinasi, melaksanakan fisik dan prasarana, tata
ruang, pemukiman dan AMDAL.
2.
Sekretariat
Mempunyai tugas penyusunan-penyusunan program, dokumentasi,
dan Informasi, membantu seketariat menyusun rencana Kegiatan Tahunan Badan
Perencanaan Pembangunan Daerah, mengikuti dan dan melakukan evaluasi atas
pelaksanaanya, melakukan pendokumentasian penyimpanan dan penyebarluasan
informasi serta penyelengaraan pengarsipan dan perpustakaan.
3.
Sosyandas (Sosial Pelayanan
Dasar)
Bidang Sosial Pelayanan Dasar mempunyai tugas membantu kepala
BAPPEDA dan melaksanakan kegiatan perencanaan pembagunan di bidang sosial
pelayanan dasar.
B. Aktivitas/Kegiatan
Dari bidang/kegiatan kerja
di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dari banyak kegiatan yang
penulis lakukan, penulis menyimpulkannyamenjadi beberapa kegiatan yaitu:
1.
Mengarsipkan
Ø Surat Masuk
Ø Surat Keluar
Ø Surat Masuk Kepegawaian
Ø Surat Keluar Kepegawaian
Ø Undangan
Ø SPT
Ø Absen
Pengarsipan ini menggunakan boxfile, flash disk, compact disk (CD).Pengarsipan ini
dilakukan agar mudah dicari dengan mudah cepat, dan tepat.
2.
Mengagendakan
Ø Surat masuk
Ø Surat keluar
Ø Undangan
Pengagendaan ini mengunakan buku agenda dan kertas
disposisi. Ini dilakukan agar kita tahu kepada siapa surat itu ditujukan.
3.
Foto Copy
Ø Surat undangan
Menggunakan mesin printer dan mesin
fotokopi.
4.
Menge-print (mencetak)
Ø Surat pengantar
Ø SPT
Ø Absensi kantor
Ø Laporan apel pagi dan siang
Ø Disposisi
Ø Kp4
Pencetakan ini mengunakan mesin print diKantor Bappeda Kabupaten Kepahiang.
5.
Membuat KP4
Membuat Kp4 karyawan/karyawati menggunakan komputer yang ada
diKantor Bappeda Kabupaten Kepahiang.
6. Mengantar RKA ke PEMDA bagian hukum utuk pemerikaan ulang.
7. Mengantar surat
undangan rapat ke kantor-kantor dinas Kabupaten Kepahiang.
8. Mengikuti
musrembang di Kecamatan Kabawetan,sebagai panitia.
9. Mengikuti
musrembang di Kabupaten Kepahiang,sebagai panitia.
10. Menjilid dokumen,menjilid dokumen dilakukan
agar dokumen terlihat rapi dan tidak berceceran.
11. Memotong kertas
menggunakan karter.
12. Membuka steples
pada dokumen,mengunakan ujung stepler.
13. Menyortir surat
masuk dan surat keluar
Penyortiran ini dilakukan agar surat
dapat diarsipkan dengan baik dan tidak berantakan.
Rincian kegiatan prakerind di Kantor
Bappeda Kepahiang
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan yang dilakukan
Bappeda Kabupaten Kepahiang sesuai dengam judul yang ditulis dapat disimpulkan
bahwa:Dokumen yang ada di Bappeda Kabupaten Kepahiang selain berupa data manual
juga dapat berupa data elektronik. Pengelolahan data yang dilaksanakan telah
mengunakan cara modern,seperti handycam,
kamera digital, komputer, scanner, flash disk, VCD dan peralatan elektronik
lainnya yang sesuai dengan kebutuhan, maksud dan tujuannya.
Sementara itu penyususnan data dilaksanakan dengan
memisahkan terlebih dahulu jenis datanya kemudian baru dususun berdasarkan
tanggal, bulan dan tahun pembuatannya, serta data yang diambil berupa data yang
sudah valid dan autentik untuk bisa dipertanggungjawabkan.
B. SARAN
1.
Bagi sekolah
Peyusun mengharapkan lebih meningkatkan
kualitas lembaga juga kedisiplinan terhadap siswa, kemudian sarana pendidikan
agar lebih dilengkapi karena sangat mempengaruhi siswa untuk lebih semangat
dalam belajar.
2.
Bagi instansi
Bagi seluruh karyawan dan karyawati,
penyusun berharap untuk lebih meningkatkan motivasi dalam bekerja dan lebih
giat dan tepat waktu dalam melaksanakan tugasnya.
3.
Bagi siswa
Bagi siswa diharapkan lebih
mempersiapkan berbagai hal, baik mental, material,dan spritual. Dalam melaksanakan
tugas harus bisa saling mengandalkan dan membantu tugas rekan lainnya untuk
bekal pengalaman di kemudian hari.
Struktur organisasi
Pejabatan
Tugas Pokok Dan Fungsi
a.
Kepala Badan
Kepala
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mempunyai tugas membantu Bupati, memimpin, mengkordinir , megendalikan dan mengevaluasi kegiatan
prnrlitian , perencanaan pembagunan dan megkoordinasikan pembangunan modal
dalam langkah mempercepat laju pembagunan berdasarkan potensi daerah serta mengawasi
agar agar berjalan sesuai peraturan perundang-undang yang berlaku serta
bahan-bahan yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
b.
Sekretaris
Sekretaris
mempunyai tugas membantu kepala Badan Perencanaan Pembanguna Daerah dalam
melaksanakan tugas pembinaan Administrasi meliputi pengolahan urusan ketatausahaan , umum , kepegawaian ,
keuagan , perlengkapan dan pelaporan serta tugas lain yang berhubungan dengan
bidang tugasnya.
Dalam melaksanakan tugasnya , Sekretaris Badan Perencanaan
Pembangunan Daerah dibantu
oleh :
· Sub.
Bagian Penyususnan Program , Dokumentasi dan Informasi
Kepala
Sub. Bagian penyusunan Program , Dokumenasi dan Informasi mempunyai tugas
menbantu sekertaris dibidang menyusun rencana Kegiatan Tahun nan Badan
Perencanaan Pembagunan Daerah , mengikuti dan melakukan evaluasi atas
pelaksanaannya , melakukan pendukumentasian
, penyimpana dan penyebarluasan
informasi serta penyelengaraan
pengarsipan dan perpustakaan serta
tugas-tugas lain yang berhubungan dengan tugasnya.
· Sub.
Bagian keuagan
Kepala
sub. Bagian keuagan mempunyai tugas membantu sekertaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dibidang
menyusun belnja kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan mengelolah urusan keuagan , pelaporan keuagan
dan tugas-tugas lain yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
c. Bidang Penelitian Dan Pengembangan
Kepala Bidang mempunyai tugas membantu Kepala
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah di bidang penelitian dan pengembangan serta bahan-bahan lain yang
berhubungan dengan tugas nya.
Dalam
melaksanakan tugasnya , Bidang Penelitian dan Pengembangan dibantu
Oleh :
· Sub.
Bagian penelitian, Stattistik, dan Pengolahan Data Elektronik ;
Kepala
sub. Bidang Penelitian , Statistik dan pengolahan Data Elktronik mempunyai
tugas membantu kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan daLam menghimpun
data-data , mengkordinasi dan merumuskan
Kebutuhan pembangunan daerah dan bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang
tugas nya.
· Sub.
Bidang Pengembangan Sistem Perencanaan Dan Monitoring Evaluasi.
Memepunyai
tugas membantu kepala Bidang Penelitian dan Pembangunaan Perencanaan dan
Monitoring Evaluasi Pembangunaan Daerah Kabupaten Kepahiang serta bahan-bahan
lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya
d. Bidang Ekonomi Dan Penanaman Modal
Kepala
Bidang Ekonomi Dan Penanaman Modal mempunai tugas membantu Kepala Badan
Perencanaan Pembangunaan Daerah melaksanakan pengkordinasikan penyusunan dan
perencanaan dan kebijakan pembangunaan ekonomi , kesejahteraan masyarakaat
serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
Dalam
melaksanakaan tugas nya bidang ekonomi dan penanaman modal dibantu
Oleh:
· Sub.
Bagian Perekonomian
Kepala
Sub. Bagian Perekonomian mempunyai tugas
membantu kepala bidang ekonomi dan penanaman modal melaksanakan tugas di
bidangpenyiapan bahan/data bidang perekonomian meliputi keuangan , pendapatan
daerah industri , dunia usaha serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan
bidang tugasnya.
· Sub.
Bagian KerjaSama Dan Penanaman Modal
Kepala
Sub. Bagian Kerjasama Dan Penanaman modal mempunyai tugas membantu kepala
bidang ekonomi dan penanaman modal dalam pelaksanaan kordinasi dan perencanaan
pengembangan kawasan pembangunan dan perencanaan kerjasama pembangunan antar
daerah , antar kelembagaan dan masyarakat serta menjajaki penanaman modal serta
bahan-bahan lain.
e. Bidang Sosial
Pelayanan Dasar
kepala
Bidang Sosial Pelayanan Dasar mempunyai tugas membantu Kepala Badan Perencanaan
Pembangunaan Daerahmengkoordinasikan dan melaksanakan kegiatan perencanaan
pembangunan dibidang sosial dan pelayanan dasar.
· Sub.
Bidang Sumber Daya Manusia
Kepala
Sub. Bidang Sosial Pelayana Dasar melaksanakan tugas pengoordinasikan
perencanaan penigkatan Sumber Daya Manusia .
· Sub.
Bidang Kesejahteraan Sosial Dan Kebudayaan
Kepala
Sub. Bagian Kesejahteraan Sosial dan Kebudayaan mempunyai tugas membantu Kepala
Bidang Sosial dan Pelayanaan Dasardalam melaksanakan tugas pengorganisasikan
perencanaan dan bidang kesejahteraan sosial dan kebudayaan serta bahan-bahan
lain yang berhubungan dengan bidang tugas nya
f. Bidan Fisik Dan
Prasarana
Kepala
Bidang Fisik Dan Prasarana Mempunyai Tugas membantu Kepala Badan Perencanaan
Pembangunan Daerah melaksanakan tugas mengkoordinasikan , melaksanakaan perencanaan fisik dan
prasarana tata ruang , pemukiman dan AMDAL , prasarana wilayah dan pengembangan
kawasan serta bahan-bahan lainnya.
a.
Sub. Bidang Tata Ruang , Pemukima dan Analisa Mengenal
Dampak Lingkungan.
Kepala
Sub.Bidang Tata Ruang dan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan mempunyai tugas
membantu Kepala Bidang dan Prasarana Perencanaan dalam melaksanakaan tugas
koordinasi perencanaan pembangunan di bang tata ruang, pemukiman dan analisa
mengenai dapak lngkungan sera baha-bahan lain yang berhubungan denganbidang
tugasnya.
· Sub.
Bidang Prasarana Wilayah dan Pengembanga Kawasan
Kepala
Sub. Bidang Prasarana Wilayah dan Pengembangan Kawasan mempunyai tugas membantu
Kepala Bidang Fisik Dan Prasarana dalam melaksanakan tugas pengoodinasian
perencanaan pembangunan serta bahan-bahan lainnya.
NO
|
NAMA
|
JUMLAH
|
KETERANGAN
|
1
|
Gudang
|
1
|
|
2
|
Ruang Aula
|
1
|
|
3
|
Musolah
|
1
|
|
4
|
Tempat Parkir
|
2
|
|
5
|
Ruang Kepala
|
1
|
|
6
|
Ruang Sekretariat
|
2
|
|
7
|
Ruang Bidang-Bidang
|
5
|
|
8
|
Toilet
|
2
|
|
9
|
Mobil Dinas
|
4
|
|
10
|
Motor Dinas
|
10
|
|
11
|
Meja
|
60
|
|
12
|
Kursi
|
68
|
|
13
|
Komputer
|
2
|
|
14
|
Piala
|
50
|
|
15
|
Filing Cabinet
|
1
|
|
16
|
Lemari Arsip
|
4
|
|
17
|
Lemari Kayu
|
3
|
|
18
|
Papan Pengumuman
|
1
|
|
19
|
Dispenser
|
2
|
|
20
|
Ember
|
6
|
|
21
|
Kalender
|
5
|
|
22
|
Kertas
|
10 rim
|
|
23
|
Cpu
|
2
|
|
24
|
Printer
|
10
|
|
Sarana
dan prasarana yang di cantumkan oleh penulis hanya sarana dan prasarana
bidang-bidang yang ada di kantor BAPPEDA Kabupaten Kepahiang, karena penulis
hanya di berikan izin untuk mencantumkan sarana dan prasarana dari ruangan
tempat penulis melaksanakan prakerin.
Struktur organisasi
Pejabatan
Tugas Pokok Dan Fungsi
c.
Kepala Badan
Kepala
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mempunyai tugas membantu Bupati, memimpin, mengkordinir , megendalikan dan mengevaluasi kegiatan
prnrlitian , perencanaan pembagunan dan megkoordinasikan pembangunan modal
dalam langkah mempercepat laju pembagunan berdasarkan potensi daerah serta mengawasi
agar agar berjalan sesuai peraturan perundang-undang yang berlaku serta
bahan-bahan yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
d.
Sekretaris
Sekretaris
mempunyai tugas membantu kepala Badan Perencanaan Pembanguna Daerah dalam
melaksanakan tugas pembinaan Administrasi meliputi pengolahan urusan ketatausahaan , umum , kepegawaian ,
keuagan , perlengkapan dan pelaporan serta tugas lain yang berhubungan dengan
bidang tugasnya.
Dalam melaksanakan tugasnya , Sekretaris Badan Perencanaan
Pembangunan Daerah dibantu
oleh :
· Sub.
Bagian Penyususnan Program , Dokumentasi dan Informasi
Kepala
Sub. Bagian penyusunan Program , Dokumenasi dan Informasi mempunyai tugas
menbantu sekertaris dibidang menyusun rencana Kegiatan Tahun nan Badan
Perencanaan Pembagunan Daerah , mengikuti dan melakukan evaluasi atas
pelaksanaannya , melakukan pendukumentasian
, penyimpana dan penyebarluasan
informasi serta penyelengaraan
pengarsipan dan perpustakaan serta
tugas-tugas lain yang berhubungan dengan tugasnya.
· Sub.
Bagian keuagan
Kepala
sub. Bagian keuagan mempunyai tugas membantu sekertaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dibidang
menyusun belnja kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan mengelolah urusan keuagan , pelaporan
keuagan dan tugas-tugas lain yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
c. Bidang Penelitian Dan Pengembangan
Kepala Bidang mempunyai tugas membantu Kepala
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah di bidang penelitian dan pengembangan serta bahan-bahan lain yang
berhubungan dengan tugas nya.
Dalam
melaksanakan tugasnya , Bidang Penelitian dan Pengembangan dibantu
Oleh :
· Sub.
Bagian penelitian, Stattistik, dan Pengolahan Data Elektronik ;
Kepala
sub. Bidang Penelitian , Statistik dan pengolahan Data Elktronik mempunyai
tugas membantu kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan daLam menghimpun
data-data , mengkordinasi dan merumuskan
Kebutuhan pembangunan daerah dan bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang
tugas nya.
· Sub.
Bidang Pengembangan Sistem Perencanaan Dan Monitoring Evaluasi.
Memepunyai
tugas membantu kepala Bidang Penelitian dan Pembangunaan Perencanaan dan
Monitoring Evaluasi Pembangunaan Daerah Kabupaten Kepahiang serta bahan-bahan
lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya
d. Bidang Ekonomi Dan Penanaman Modal
Kepala
Bidang Ekonomi Dan Penanaman Modal mempunai tugas membantu Kepala Badan
Perencanaan Pembangunaan Daerah melaksanakan pengkordinasikan penyusunan dan
perencanaan dan kebijakan pembangunaan ekonomi , kesejahteraan masyarakaat
serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
Dalam
melaksanakaan tugas nya bidang ekonomi dan penanaman modal dibantu
Oleh:
· Sub.
Bagian Perekonomian
Kepala
Sub. Bagian Perekonomian mempunyai tugas
membantu kepala bidang ekonomi dan penanaman modal melaksanakan tugas di
bidangpenyiapan bahan/data bidang perekonomian meliputi keuangan , pendapatan
daerah industri , dunia usaha serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan
bidang tugasnya.
· Sub.
Bagian KerjaSama Dan Penanaman Modal
Kepala
Sub. Bagian Kerjasama Dan Penanaman modal mempunyai tugas membantu kepala
bidang ekonomi dan penanaman modal dalam pelaksanaan kordinasi dan perencanaan
pengembangan kawasan pembangunan dan perencanaan kerjasama pembangunan antar
daerah , antar kelembagaan dan masyarakat serta menjajaki penanaman modal serta
bahan-bahan lain.
e. Bidang Sosial
Pelayanan Dasar
kepala
Bidang Sosial Pelayanan Dasar mempunyai tugas membantu Kepala Badan Perencanaan
Pembangunaan Daerahmengkoordinasikan dan melaksanakan kegiatan perencanaan
pembangunan dibidang sosial dan pelayanan dasar.
· Sub.
Bidang Sumber Daya Manusia
Kepala
Sub. Bidang Sosial Pelayana Dasar melaksanakan tugas pengoordinasikan
perencanaan penigkatan Sumber Daya Manusia .
· Sub.
Bidang Kesejahteraan Sosial Dan Kebudayaan
Kepala
Sub. Bagian Kesejahteraan Sosial dan Kebudayaan mempunyai tugas membantu Kepala
Bidang Sosial dan Pelayanaan Dasardalam melaksanakan tugas pengorganisasikan
perencanaan dan bidang kesejahteraan sosial dan kebudayaan serta bahan-bahan
lain yang berhubungan dengan bidang tugas nya
f. Bidan Fisik Dan
Prasarana
Kepala
Bidang Fisik Dan Prasarana Mempunyai Tugas membantu Kepala Badan Perencanaan
Pembangunan Daerah melaksanakan tugas mengkoordinasikan , melaksanakaan perencanaan fisik dan
prasarana tata ruang , pemukiman dan AMDAL , prasarana wilayah dan pengembangan
kawasan serta bahan-bahan lainnya.
b.
Sub. Bidang Tata Ruang , Pemukima dan Analisa Mengenal
Dampak Lingkungan.
Kepala
Sub.Bidang Tata Ruang dan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan mempunyai tugas
membantu Kepala Bidang dan Prasarana Perencanaan dalam melaksanakaan tugas
koordinasi perencanaan pembangunan di bang tata ruang, pemukiman dan analisa
mengenai dapak lngkungan sera baha-bahan lain yang berhubungan denganbidang
tugasnya.
· Sub.
Bidang Prasarana Wilayah dan Pengembanga Kawasan
Kepala
Sub. Bidang Prasarana Wilayah dan Pengembangan Kawasan mempunyai tugas membantu
Kepala Bidang Fisik Dan Prasarana dalam melaksanakan tugas pengoodinasian
perencanaan pembangunan serta bahan-bahan lainnya.
NO
|
NAMA
|
JUMLAH
|
KETERANGAN
|
1
|
Gudang
|
1
|
|
2
|
Ruang Aula
|
1
|
|
3
|
Musolah
|
1
|
|
4
|
Tempat Parkir
|
2
|
|
5
|
Ruang Kepala
|
1
|
|
6
|
Ruang Sekretariat
|
2
|
|
7
|
Ruang Bidang-Bidang
|
5
|
|
8
|
Toilet
|
2
|
|
9
|
Mobil Dinas
|
4
|
|
10
|
Motor Dinas
|
10
|
|
11
|
Meja
|
60
|
|
12
|
Kursi
|
68
|
|
13
|
Komputer
|
2
|
|
14
|
Piala
|
50
|
|
15
|
Filing Cabinet
|
1
|
|
16
|
Lemari Arsip
|
4
|
|
17
|
Lemari Kayu
|
3
|
|
18
|
Papan Pengumuman
|
1
|
|
19
|
Dispenser
|
2
|
|
20
|
Ember
|
6
|
|
21
|
Kalender
|
5
|
|
22
|
Kertas
|
10 rim
|
|
23
|
Cpu
|
2
|
|
24
|
Printer
|
10
|
|
Sarana
dan prasarana yang di cantumkan oleh penulis hanya sarana dan prasarana bidang-bidang
yang ada di kantor BAPPEDA Kabupaten Kepahiang, karena penulis hanya di berikan
izin untuk mencantumkan sarana dan prasarana dari ruangan tempat penulis
melaksanakan prakerin.
DAFTAR PUSTAKA
Arsip kantor.
Kartasaamita, Ginandjar. 1997. Administrasi Pembangunan. Jakarta: LP3E.
Sutopo dan Inrawijaya. 2001. Dasar-Dasar Administrasi Publik. Jakarta:
LAN-Republik Indonesia
Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 1999
tentang Pemerintah Daerah
Undang-Undang RI Nomor 32 Tahun
2004(Revisi Undang -Undang RI Nomor 22 Tahun 1999)
ConversionConversion EmoticonEmoticon