LAPORAN HASIL PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)


LAPORAN

HASIL PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI KANTOR BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH(BAPPEDA) KABUPATEN KEPAHIANG
Periode 09 Januari s.d. 31 Maret 2017


DISUSUN OLEH
ANDO RONALDI
NISN

BIDANG KEAHLIAN                  : BISNIS DAN MANAJEMEN
PROGRAM KEAHLIAN             : ADMINISTRASI
PAKET KEAHLIAN                    : ADMINISTRASI PERKANTORAN





PEMERINTAHPROVINSI BENGKULU
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK NEGERI 1 SEBERANG MUSI
Alamat: Jalan Desa Kandang Kec. Seberang Musi Kab. Kepahiang Tlp/ fax  : (0732) 391831
2017

Laporan Ini telah Disetujui Dan Disahkan Oleh :





Guru Penguji


Ira Wulandari, S.Pd.I.
NIP 19820406 200904 2 002

Guru Pembimbing,


R.A. SITI MARLIA, S.Pd.
NIP-
Mengetahui
Kepala Sekolah,



HADIWIJAYA, S.Pd.
NIP 19731118 200502 1 005
Ketua Jurusan,




ANSYORI, S.E.
NIP 19790709 201001 1 013

















LEMBAR PENGESAHAN



Laporan ini telah disahkan oleh pihak sekolah

Diterima tanggal     : Rabu, 13 April 2017
Disetujui tanggal    : Rabu, 18 April 2017




Ketua Jurusan,




Ansyori, S.E.
NIP 1979
Guru Pembimbing,




R.A Siti Marlia, S.Pd.
NIP -


Mengetahui
Kepala Sekolah,





Hadiwijaya, S.Pd.
NIP 19731118 200502 1 001












KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadirat ALLAH SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nya laporan praktek kerja lapangan ini dapat diselesaikan.
Laporan ini dibuat sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian praktek kerja industri di BadKata Pengantar

                Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya
Makalah yang berjudul  “Bekerja  Sama Dalam Satu Tim”  atas dukungan yang di berikan
Dalam penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan terima kasih kepada :
Ø  Bapak Hadiwijaya, S.pd. selaku Kepala SMKN 1 Seberang Musi
Ø  Bapak Ansyori, S.E  selaku ketua Jurusan yang banyak memberi  materi pendukung, masukan, dan bimbingan kepada penulis
Ø  Ibu R.A Siti Marlia, S.Pd. selaku guru pembimbing  yang memberikan dorongan dan masukan kepada penulis
Ø  Teman-teman seperjuangan yang saya banggakan 
Penulis menyadari bahwa penyusunan ini jauh dari kata sempurna , maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun agar dapat bermanfaat bagi penulis dan siswa SMKN 1 Seberang Musi

Kepahiang,      April 2017

Penulis





DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL................................................................................................... i
HALAMAN PEGESAHAN........................................................................................ ii
KATA PENGANTAR................................................................................................. iii
DAFTAR ISI................................................................................................................ iv
BAB  1  PENDAHULUAN...........................................................................................
A.      Latar Belakang............................................................................................ 1
B.      Tujuan Prakeri............................................................................................. 2
C.      Waktu dan Tempat Prakerin........................................................................ 3
D.     Denah Lokasi............................................................................................... 4
BAB  2  DESKRIPSI KEGIATAN PRAKERIN
A.      Profil Tempat Prakerin................................................................................ 5
B.      Sarana dan Prasarana Tempat Prakerin....................................................... 6
BAB  3  PEMBAHASAN
BAB  4  PENUTUP
A.      Kesimpulan................................................................................................ 7
B.      Saran.......................................................................................................... 8
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN










BAB I
PENDAHULUAN


A.   Latar Belakang
Dalam pelaksanaan suatu pekerja atau kegiatan dipandang perlu dalam pembuatan suatu dokumen, karena suatu dokumen tersebut berisi rentetan peristiwa dari pelaksanaan suatu kegiatan yang telah dilakukan untuk penyusunan dokumen itu sendiri.  Tidak mudah seperti yang kita bayangkan atau kita lihat, karena apa yang kita lihat sebenarnya hanya sebuah susunan kertas atau tumpukan data yang  tersusun rapi dalam sebuah rak atau lemari.Begitu juga mengenai pegolahan dokumen yang memerlukan keahlian dan ketelitian yang tinggi.Dokumen yang merupakan data manual sangat rentan, akan tetapi dengan kecangihan teknologi maka data-data dokumen yang bersifat manual bisa dibentuk  dalam data elektronik.
Dalam hal ini Bappeda Kabupaten Kpahiang yang merupakan bagian dari Pemerintahan Daerah Kabupaten Kepahiang  atau selaku SKPD (Satuan Kerja Perangkat  Daerah) mempunyai visi dan misi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi,maka dalam pelaksanaan telah menerapkan dan mengunakan peralatan modern dalam menyusun dan mengelolah dokumen. Praktikkerja industri (prakerind) merupakan tuntutan dari kurikulum pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan sebagai mana tertuang dalam UUD No.02 tahun 1989 tentang pendidikan jalur sekolah.Program praktik kerja industri (prakerind) adalah program latihan persiapan yang disediakan bagi siswa sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, tujuannya agar siswa dapat mengembangkan kemampuan kerja potensialnya yang diperoleh dari proses pendidikan  formal untuk menyediakan tenaga kerja yang benar-benar siap dapat melakukan pekerjaan dengan produktif yang memenuhi syarat kualitas dan kuantitas yang diharapkan. Keadaan dilapangan seringkali berbeda dengan apa yang dipelajari dari kelas, sehinggga perlu adanya praktik kerja industri yang memberi gambaran tentang kondisi di lapangan kerja sesunguhnya.

B.  Tujuan
Meningkatkan dan menambahkan wawasan ilm pengetahuan serta mempraktikkan ilmu yang telah dipelajari disekolah dan juga untuk mengetahui penyusunan dan pengelolahan dokumen yang ada di Bappeda Kabupaten Kepahiang.

C.  Waktu dan Tempat Prakerin
            Waktu prakerind dilaksanakan pada tanggal 02 Januari 2017 s.d. 31 Maret 2017. Dilaksanakan dikantor Badan Perencanaan Pembangunaan Daerah Kabupaten Kepahiang.Aktivitas prakerind dilaksanakan di lantai 1 dan 2 kantor Bappeda Kabupaten Kepahiang yang beralamatkan dijalan Kompleks Pusat Perkantoran Klobak, Kepahiang Provinsi Bengkulu dengan nomor telepon /fax:(07320)391500.

D.  Denah Lokasi
            Lokasi prakerind dilaksanakan di kantor Badan Perencanaan Pembagunaan Daerah Kabupaten Kepahiang yang beralamatkan di jalan Pusat Perkantoran Klobak Kabupaten Kepahiang.





BAB II
DESKRIPSI KEGIATAAN PRAKERIND

A.   PROFIL TEMPAT PRAKERIND
Bappeda Kabupaten Kepahiang berdiri setelah Kabupaten Kepahiang berdiri yang merupakan Kabupaten pemekaran dari Kabupaten Rejang Lebong. Adapun Kabupaten Kepahiang resmi berdiri pada tanggal 7 Januari 2004.
Pada saat Bappeda kabupaten Kepahiang didirikan, kondisinya masih sangat minim dan sarana gedung yang dipakai masih menyewa serta prasarana belum memenuhi.Sebelum dibangun gedung perkantoran  Bappeda Kabupaten Kepahiang meNgalami empat kali pindah alamat,yaitu  pertama kalipada September 2005 pindah alamat di jalan M. Jun No.340  Kelurahan Pasar Kepahiang  dari alamat sebelumnya  di Jalan Koptu Z. Abidin  Kabupaten Kepahiang.Selanjutnya pada tahun 2001 pindah ke Jalan Kgs.Hasan No 3 Kelurahan Pasar Ujung. Pada tahun 2008 pindah ke alamat Jalan Raya Kepahiang-Curup, Desa Pelangkian tepatnya didepan kompleks Pemda Kabupaten Kepahiang yang sekarang. Terakhir pada Januari 2009 berkedudukan dikompleks Perkantoran Kelobak sekaligus menetap pada bangunan yang telah didirikan oleh Pemda Kabupaten Kepahiang dan secara resmi menjadi bangunan yang telah diperuntukkan bagi Bappeda Kabupaten Kepahiang.
            Sejak Bappeda Kabupaten Kepahiang berdiri, telah enam kali mengalami pergantian kepemimpinan yaitu :
1.    Ir. KMS. ZAINI  pada bulan Maret 2004 s.d. 27 Maret 2008.
2.    M. TAHER, S.H. pada tanggal 27 Maret s.d. 27 Januari 2011.
3.    MANSORI, S.H, M.H. pada tanggal 27 Januari 2011 s.d. 27 Maret 2011.
4.    DEN MAS, S. SOS, M.M. pada tanggal 18 Maret 2011 s.d. 27 Maret 2012.
5.    R.A DENNI, S.H, M.M. pada tangal 08 Januari 2012 s.d.
6.     




BAB III
PEMBAHASAN

A.   Bidang Kerja
Kegiatan prakerin yang dilakukan oleh penulis pada kantor BAPPEDA dilakukanpada bidang/unit kerja yaitu :
1.    Bidang Fispra (Fisik dan Prasarana)
Bidang fisik dan prasarana mempunyai tugas membantu kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  melaksanakan tugas mengkodinasi, melaksanakan fisik dan prasarana, tata ruang, pemukiman dan AMDAL.
2.    Sekretariat
Mempunyai tugas penyusunan-penyusunan program, dokumentasi, dan Informasi, membantu seketariat menyusun rencana Kegiatan Tahunan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, mengikuti dan dan melakukan evaluasi atas pelaksanaanya, melakukan pendokumentasian penyimpanan dan penyebarluasan informasi serta penyelengaraan pengarsipan dan perpustakaan.
3.    Sosyandas (Sosial Pelayanan Dasar)
Bidang Sosial Pelayanan Dasar mempunyai tugas membantu kepala BAPPEDA dan melaksanakan kegiatan perencanaan pembagunan di bidang sosial pelayanan dasar.

B.   Aktivitas/Kegiatan
Dari bidang/kegiatan kerja di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dari banyak kegiatan yang penulis lakukan, penulis menyimpulkannyamenjadi beberapa kegiatan yaitu:
1.    Mengarsipkan
Ø Surat Masuk
Ø Surat Keluar
Ø Surat Masuk Kepegawaian
Ø Surat Keluar Kepegawaian
Ø Undangan
Ø SPT
Ø Absen
Pengarsipan ini menggunakan boxfile, flash disk, compact disk (CD).Pengarsipan ini dilakukan agar mudah dicari dengan mudah cepat, dan tepat.

2.    Mengagendakan
Ø Surat masuk
Ø Surat keluar
Ø Undangan
Pengagendaan ini mengunakan buku agenda dan kertas disposisi. Ini dilakukan agar kita tahu kepada siapa surat itu ditujukan.

3.    Foto Copy
Ø Surat undangan
Menggunakan mesin printer dan mesin fotokopi.

4.    Menge-print (mencetak)
Ø Surat pengantar
Ø SPT
Ø Absensi kantor
Ø Laporan apel pagi dan siang
Ø Disposisi
Ø Kp4
Pencetakan ini mengunakan mesin print diKantor Bappeda Kabupaten Kepahiang.

5.    Membuat KP4
Membuat Kp4 karyawan/karyawati menggunakan komputer yang ada diKantor Bappeda Kabupaten Kepahiang.

6.    Mengantar RKA ke PEMDA bagian hukum utuk pemerikaan ulang.
7.    Mengantar surat undangan rapat ke kantor-kantor dinas Kabupaten Kepahiang.
8.    Mengikuti musrembang di Kecamatan Kabawetan,sebagai panitia.
9.    Mengikuti musrembang di Kabupaten Kepahiang,sebagai panitia.
10.  Menjilid dokumen,menjilid dokumen dilakukan agar dokumen terlihat rapi dan tidak berceceran.
11.  Memotong kertas menggunakan karter.
12.  Membuka steples pada dokumen,mengunakan ujung stepler.
13.  Menyortir surat masuk dan surat keluar
Penyortiran ini dilakukan agar surat dapat diarsipkan dengan baik dan tidak berantakan.

Rincian kegiatan prakerind di Kantor Bappeda Kepahiang



BAB IV
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Dari pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan yang dilakukan Bappeda Kabupaten Kepahiang sesuai dengam judul yang ditulis dapat disimpulkan bahwa:Dokumen yang ada di Bappeda Kabupaten Kepahiang selain berupa data manual juga dapat berupa data elektronik. Pengelolahan data yang dilaksanakan telah mengunakan  cara modern,seperti handycam, kamera digital, komputer, scanner, flash disk, VCD dan peralatan elektronik lainnya yang sesuai dengan kebutuhan, maksud dan tujuannya.
Sementara itu penyususnan data dilaksanakan dengan memisahkan terlebih dahulu jenis datanya kemudian baru dususun berdasarkan tanggal, bulan dan tahun pembuatannya, serta data yang diambil berupa data yang sudah valid dan autentik untuk bisa dipertanggungjawabkan.

B.   SARAN
1.    Bagi sekolah
Peyusun mengharapkan lebih meningkatkan kualitas lembaga juga kedisiplinan terhadap siswa, kemudian sarana pendidikan agar lebih dilengkapi karena sangat mempengaruhi siswa untuk lebih semangat dalam belajar.
2.    Bagi instansi
Bagi seluruh karyawan dan karyawati, penyusun berharap untuk lebih meningkatkan motivasi dalam bekerja dan lebih giat dan tepat waktu dalam melaksanakan tugasnya.
3.    Bagi siswa
Bagi siswa diharapkan lebih mempersiapkan berbagai hal, baik mental, material,dan spritual. Dalam melaksanakan tugas harus bisa saling mengandalkan dan membantu tugas rekan lainnya untuk bekal pengalaman di kemudian hari.



Struktur organisasi
                        Pejabatan Tugas Pokok Dan Fungsi
a.    Kepala Badan
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mempunyai tugas membantu Bupati,  memimpin, mengkordinir ,  megendalikan dan mengevaluasi kegiatan prnrlitian , perencanaan pembagunan dan megkoordinasikan pembangunan modal dalam langkah mempercepat laju pembagunan berdasarkan potensi daerah serta mengawasi agar agar berjalan sesuai peraturan perundang-undang yang berlaku serta bahan-bahan yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
b.    Sekretaris
Sekretaris mempunyai tugas membantu kepala Badan Perencanaan Pembanguna Daerah dalam melaksanakan tugas pembinaan Administrasi meliputi pengolahan  urusan ketatausahaan , umum , kepegawaian , keuagan , perlengkapan dan pelaporan serta tugas lain yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
Dalam melaksanakan tugasnya , Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dibantu
 oleh :
·      Sub. Bagian Penyususnan Program , Dokumentasi dan Informasi
Kepala Sub. Bagian penyusunan Program , Dokumenasi dan Informasi mempunyai tugas menbantu sekertaris dibidang menyusun rencana Kegiatan Tahun nan Badan Perencanaan Pembagunan Daerah  ,  mengikuti dan melakukan evaluasi atas pelaksanaannya , melakukan pendukumentasian  , penyimpana dan penyebarluasan  informasi serta  penyelengaraan pengarsipan dan perpustakaan  serta tugas-tugas lain yang berhubungan dengan tugasnya.
·      Sub. Bagian keuagan
Kepala sub. Bagian keuagan mempunyai tugas membantu sekertaris  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dibidang menyusun belnja kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  dan mengelolah urusan keuagan , pelaporan keuagan dan tugas-tugas lain yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
        c.   Bidang Penelitian Dan Pengembangan
  Kepala Bidang mempunyai tugas membantu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah di bidang penelitian  dan pengembangan serta bahan-bahan lain yang berhubungan dengan tugas nya.
Dalam melaksanakan tugasnya , Bidang Penelitian dan Pengembangan dibantu
 Oleh :
·      Sub. Bagian penelitian, Stattistik, dan Pengolahan Data Elektronik ;
Kepala sub. Bidang Penelitian , Statistik dan pengolahan Data Elktronik mempunyai tugas membantu kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan daLam menghimpun data-data , mengkordinasi  dan merumuskan Kebutuhan pembangunan daerah dan bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang tugas nya.
·      Sub. Bidang Pengembangan Sistem Perencanaan Dan Monitoring Evaluasi.
Memepunyai tugas membantu kepala Bidang Penelitian dan Pembangunaan Perencanaan dan Monitoring Evaluasi Pembangunaan Daerah Kabupaten Kepahiang serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya
d.    Bidang Ekonomi Dan Penanaman Modal
Kepala Bidang Ekonomi Dan Penanaman Modal mempunai tugas membantu Kepala Badan Perencanaan Pembangunaan Daerah melaksanakan pengkordinasikan penyusunan dan perencanaan dan kebijakan pembangunaan ekonomi , kesejahteraan masyarakaat serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
Dalam melaksanakaan tugas nya bidang ekonomi dan penanaman modal dibantu
Oleh:
·      Sub. Bagian Perekonomian
Kepala Sub.  Bagian Perekonomian mempunyai tugas membantu kepala bidang ekonomi dan penanaman modal melaksanakan tugas di bidangpenyiapan bahan/data bidang perekonomian meliputi keuangan , pendapatan daerah industri , dunia usaha serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
·      Sub. Bagian KerjaSama Dan Penanaman Modal
Kepala Sub. Bagian Kerjasama Dan Penanaman modal mempunyai tugas membantu kepala bidang ekonomi dan penanaman modal dalam pelaksanaan kordinasi dan perencanaan pengembangan kawasan pembangunan dan perencanaan kerjasama pembangunan antar daerah , antar kelembagaan dan masyarakat serta menjajaki penanaman modal serta bahan-bahan lain.
e.  Bidang Sosial Pelayanan Dasar
kepala Bidang Sosial Pelayanan Dasar mempunyai tugas membantu Kepala Badan Perencanaan Pembangunaan Daerahmengkoordinasikan dan melaksanakan kegiatan perencanaan pembangunan dibidang sosial dan pelayanan dasar.
·      Sub. Bidang Sumber Daya Manusia
Kepala Sub. Bidang Sosial Pelayana Dasar melaksanakan tugas pengoordinasikan perencanaan penigkatan Sumber Daya Manusia .
·      Sub. Bidang Kesejahteraan Sosial Dan Kebudayaan
Kepala Sub. Bagian Kesejahteraan Sosial dan Kebudayaan mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Sosial dan Pelayanaan Dasardalam melaksanakan tugas pengorganisasikan perencanaan dan bidang kesejahteraan sosial dan kebudayaan serta bahan-bahan lain yang berhubungan dengan bidang tugas nya
f.   Bidan Fisik Dan Prasarana
Kepala Bidang Fisik Dan Prasarana Mempunyai Tugas membantu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah melaksanakan tugas mengkoordinasikan  , melaksanakaan perencanaan fisik dan prasarana tata ruang , pemukiman dan AMDAL , prasarana wilayah dan pengembangan kawasan serta bahan-bahan lainnya.
a.    Sub. Bidang Tata Ruang , Pemukima dan Analisa Mengenal Dampak Lingkungan.
Kepala Sub.Bidang Tata Ruang dan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan mempunyai tugas membantu Kepala Bidang dan Prasarana Perencanaan dalam melaksanakaan tugas koordinasi perencanaan pembangunan di bang tata ruang, pemukiman dan analisa mengenai dapak lngkungan sera baha-bahan lain yang berhubungan denganbidang tugasnya.
·      Sub. Bidang Prasarana Wilayah dan Pengembanga Kawasan
Kepala Sub. Bidang Prasarana Wilayah dan Pengembangan Kawasan mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Fisik Dan Prasarana dalam melaksanakan tugas pengoodinasian perencanaan pembangunan serta bahan-bahan lainnya.

NO
NAMA
JUMLAH
KETERANGAN
1
Gudang
1

2
Ruang Aula
1

3
Musolah
1

4
Tempat Parkir
2

5
Ruang Kepala
1

6
Ruang Sekretariat
2

7
Ruang Bidang-Bidang
5

8
Toilet
2

9
Mobil Dinas
4

10
Motor Dinas
10

11
Meja
60

12
Kursi
68

13
Komputer
2

14
Piala
50

15
Filing Cabinet
1

16
Lemari Arsip
4

17
Lemari Kayu
3

18
Papan Pengumuman
1

19
Dispenser
2

20
Ember
6

21
Kalender
5

22
Kertas
10 rim

23
Cpu
2

24
Printer
10


Sarana dan prasarana yang di cantumkan oleh penulis hanya sarana dan prasarana bidang-bidang yang ada di kantor BAPPEDA Kabupaten Kepahiang, karena penulis hanya di berikan izin untuk mencantumkan sarana dan prasarana dari ruangan tempat penulis melaksanakan prakerin.
Struktur organisasi
                        Pejabatan Tugas Pokok Dan Fungsi
c.     Kepala Badan
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mempunyai tugas membantu Bupati,  memimpin, mengkordinir ,  megendalikan dan mengevaluasi kegiatan prnrlitian , perencanaan pembagunan dan megkoordinasikan pembangunan modal dalam langkah mempercepat laju pembagunan berdasarkan potensi daerah serta mengawasi agar agar berjalan sesuai peraturan perundang-undang yang berlaku serta bahan-bahan yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
d.    Sekretaris
Sekretaris mempunyai tugas membantu kepala Badan Perencanaan Pembanguna Daerah dalam melaksanakan tugas pembinaan Administrasi meliputi pengolahan  urusan ketatausahaan , umum , kepegawaian , keuagan , perlengkapan dan pelaporan serta tugas lain yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
Dalam melaksanakan tugasnya , Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dibantu
 oleh :
·      Sub. Bagian Penyususnan Program , Dokumentasi dan Informasi
Kepala Sub. Bagian penyusunan Program , Dokumenasi dan Informasi mempunyai tugas menbantu sekertaris dibidang menyusun rencana Kegiatan Tahun nan Badan Perencanaan Pembagunan Daerah  ,  mengikuti dan melakukan evaluasi atas pelaksanaannya , melakukan pendukumentasian  , penyimpana dan penyebarluasan  informasi serta  penyelengaraan pengarsipan dan perpustakaan  serta tugas-tugas lain yang berhubungan dengan tugasnya.
·      Sub. Bagian keuagan
Kepala sub. Bagian keuagan mempunyai tugas membantu sekertaris  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dibidang menyusun belnja kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  dan mengelolah urusan keuagan , pelaporan keuagan dan tugas-tugas lain yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
        c.   Bidang Penelitian Dan Pengembangan
  Kepala Bidang mempunyai tugas membantu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah di bidang penelitian  dan pengembangan serta bahan-bahan lain yang berhubungan dengan tugas nya.
Dalam melaksanakan tugasnya , Bidang Penelitian dan Pengembangan dibantu
 Oleh :
·      Sub. Bagian penelitian, Stattistik, dan Pengolahan Data Elektronik ;
Kepala sub. Bidang Penelitian , Statistik dan pengolahan Data Elktronik mempunyai tugas membantu kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan daLam menghimpun data-data , mengkordinasi  dan merumuskan Kebutuhan pembangunan daerah dan bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang tugas nya.
·      Sub. Bidang Pengembangan Sistem Perencanaan Dan Monitoring Evaluasi.
Memepunyai tugas membantu kepala Bidang Penelitian dan Pembangunaan Perencanaan dan Monitoring Evaluasi Pembangunaan Daerah Kabupaten Kepahiang serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya
d.    Bidang Ekonomi Dan Penanaman Modal
Kepala Bidang Ekonomi Dan Penanaman Modal mempunai tugas membantu Kepala Badan Perencanaan Pembangunaan Daerah melaksanakan pengkordinasikan penyusunan dan perencanaan dan kebijakan pembangunaan ekonomi , kesejahteraan masyarakaat serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
Dalam melaksanakaan tugas nya bidang ekonomi dan penanaman modal dibantu
Oleh:
·      Sub. Bagian Perekonomian
Kepala Sub.  Bagian Perekonomian mempunyai tugas membantu kepala bidang ekonomi dan penanaman modal melaksanakan tugas di bidangpenyiapan bahan/data bidang perekonomian meliputi keuangan , pendapatan daerah industri , dunia usaha serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
·      Sub. Bagian KerjaSama Dan Penanaman Modal
Kepala Sub. Bagian Kerjasama Dan Penanaman modal mempunyai tugas membantu kepala bidang ekonomi dan penanaman modal dalam pelaksanaan kordinasi dan perencanaan pengembangan kawasan pembangunan dan perencanaan kerjasama pembangunan antar daerah , antar kelembagaan dan masyarakat serta menjajaki penanaman modal serta bahan-bahan lain.
e.  Bidang Sosial Pelayanan Dasar
kepala Bidang Sosial Pelayanan Dasar mempunyai tugas membantu Kepala Badan Perencanaan Pembangunaan Daerahmengkoordinasikan dan melaksanakan kegiatan perencanaan pembangunan dibidang sosial dan pelayanan dasar.
·      Sub. Bidang Sumber Daya Manusia
Kepala Sub. Bidang Sosial Pelayana Dasar melaksanakan tugas pengoordinasikan perencanaan penigkatan Sumber Daya Manusia .
·      Sub. Bidang Kesejahteraan Sosial Dan Kebudayaan
Kepala Sub. Bagian Kesejahteraan Sosial dan Kebudayaan mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Sosial dan Pelayanaan Dasardalam melaksanakan tugas pengorganisasikan perencanaan dan bidang kesejahteraan sosial dan kebudayaan serta bahan-bahan lain yang berhubungan dengan bidang tugas nya
f.   Bidan Fisik Dan Prasarana
Kepala Bidang Fisik Dan Prasarana Mempunyai Tugas membantu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah melaksanakan tugas mengkoordinasikan  , melaksanakaan perencanaan fisik dan prasarana tata ruang , pemukiman dan AMDAL , prasarana wilayah dan pengembangan kawasan serta bahan-bahan lainnya.
b.    Sub. Bidang Tata Ruang , Pemukima dan Analisa Mengenal Dampak Lingkungan.
Kepala Sub.Bidang Tata Ruang dan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan mempunyai tugas membantu Kepala Bidang dan Prasarana Perencanaan dalam melaksanakaan tugas koordinasi perencanaan pembangunan di bang tata ruang, pemukiman dan analisa mengenai dapak lngkungan sera baha-bahan lain yang berhubungan denganbidang tugasnya.
·      Sub. Bidang Prasarana Wilayah dan Pengembanga Kawasan
Kepala Sub. Bidang Prasarana Wilayah dan Pengembangan Kawasan mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Fisik Dan Prasarana dalam melaksanakan tugas pengoodinasian perencanaan pembangunan serta bahan-bahan lainnya.

NO
NAMA
JUMLAH
KETERANGAN
1
Gudang
1

2
Ruang Aula
1

3
Musolah
1

4
Tempat Parkir
2

5
Ruang Kepala
1

6
Ruang Sekretariat
2

7
Ruang Bidang-Bidang
5

8
Toilet
2

9
Mobil Dinas
4

10
Motor Dinas
10

11
Meja
60

12
Kursi
68

13
Komputer
2

14
Piala
50

15
Filing Cabinet
1

16
Lemari Arsip
4

17
Lemari Kayu
3

18
Papan Pengumuman
1

19
Dispenser
2

20
Ember
6

21
Kalender
5

22
Kertas
10 rim

23
Cpu
2

24
Printer
10


Sarana dan prasarana yang di cantumkan oleh penulis hanya sarana dan prasarana bidang-bidang yang ada di kantor BAPPEDA Kabupaten Kepahiang, karena penulis hanya di berikan izin untuk mencantumkan sarana dan prasarana dari ruangan tempat penulis melaksanakan prakerin.



DAFTAR PUSTAKA

Arsip kantor.
Kartasaamita,  Ginandjar. 1997. Administrasi Pembangunan. Jakarta: LP3E.
Sutopo dan Inrawijaya. 2001. Dasar-Dasar Administrasi Publik. Jakarta:
LAN-Republik Indonesia
Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah
Undang-Undang RI Nomor 32 Tahun 2004(Revisi Undang -Undang RI Nomor 22 Tahun 1999)










Previous
Next Post »